Subscribe di sini

Saturday 16 January 2016

syirik menurut islam


"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa selain dari (syirik) adalah untuk siapa saja yang Dia kehendaki. Siapa pun yang Allah maka sesungguhnya ia telah melakukan dosa besar."

(Qur'an, An-Nisa ': 48)


Syirik merupakan tambahan untuk menyamakan Allah dengan Allah dalam hal yang istimewa nya. Privilege Allah sebagai: Ibadah, membuat, mengatur, manfaat dan bahaya, membuat hukum dan syariat dan lain-lain.


Syirik adalah menyelaraskan dengan Allah dari Allah dalam hal-hal yang Allah kekhususan. Kekhususan Allah meliputi tiga rububiyah, uluhiyah, dan asma 'dan sifat.


Bentuk syirik

Bentuk syirik dapat dibagi menjadi 3 bagian:


1) syirik di Uluhiyah

Yaitu jika seseorang percaya bahwa tidak ada Tuhan selain Allah memiliki hak untuk disembah (berhak ubudiyyah properti). Subhanahuwa yang Allah Ta'ala di berbagai tempat di dalam Kitab-Nya dipanggil untuk hamba-Nya agar tidak menyembah atau disembah kecuali Dia saja. Firman Allah Ta'ala:


"Wahai manusia sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. Dialah yang menjadikan bumi sebagai hamparan bagimu dan langit sebagai atap, dan turunkan air (hujan) dari langit dan Dia mendatangkan semua buah-buahan sebagai rezeki untuk Anda karena tidak harus Anda diadakan sekutu bagi Allah ketika Anda tahu itu "(QS Al Baqarah:. 21-22).


Perintah Allah dalam ayat ini bahwa semua orang menyembah Tuhan dan bentuk ibadah yang diperintahkan, antara lain, keyakinan, shalat, zakat, puasa, haji, sujud, ruku, tawaf, doa, kepercayaan, Khauf (takut) mereka, raja '(harapan), raghbah (menginginkan sesuatu), rahbah (menghindari sesuatu), khusu', khasyah, isti'adzah (shelter), istighatsah (meratap), penyembelihan, nadzar, sabar dan lain-lain dari berbagai ibadah yang diperintahkan oleh Allah dan rasul-Nya.


Di sisi lain tidak ada kebingungan di kalangan masyarakat dalam pemahaman ibadah. Mereka menafsirkan ibadah dalam definisi sempit seperti shalat, puasa, zakat, haji. Ada juga orang lain tidak dikategorikan di dalamnya. Ini kata-kata indah dari Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah Abul Abbas dalam mendefinisikan ibadah, ia berkata:


"Ibadah itu adalah nama yang mencakup semua kasus yang mengasihi Allah dan memberkati dia, apakah dalam bentuk kata-kata atau perbuatan, baik dhahir atau spiritual."


Ini adalah definisi ibadah yang benar, yang mencakup segala sesuatu yang dicintai dan diridlai Allah, baik kata atau perbuatan.


Hai manusia, sembahlah Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dan orang-orang sebelum kamu agar kamu dapat menangkal (QS. Al-Baqoroh 21)


Allah berfirman dalam Surah Al Baqarah ayat 21 negara di atas menyembah Tuhan kalian, dimaksudkan untuk membawa pengertian kepada semua orang bahwa Ar Rabb yang harus disembah adalah yang telah menciptakan kamu dan orang-orang sebelum Anda, yang menciptakan langit dan bumi dan mampu menurunkan air (hujan) dari langit. Bahwa air hujan yang dihasilkan semua jenis buah-buahan sebagai rezeki untuk Anda sehingga Anda tahu semua. Jadi tidak memegang sekutu bagi Allah dengan menyembah dan meminta rezeki kepada selain-Nya. Apakah Anda tidak malu dan berpikir bahwa Allah yang memberikan rezeki untuk mengubah dan kemudian Anda meninggalkan menyembah selain Dia?


Firman Allah SWT:

"Dan mereka menyembah selain Allah, sesuatu yang tidak dapat memberikan rezeki bagi mereka sama sekali dari langit dan bumi dan tidak berkuasa (bahkan sedikit pun). Jadi tidak harus Anda diadakan sekutu bagi Allah Tuhan. Tahu Anda tidak menyadari. "(Al Qur'an, An-Nahl: 73-74)


2) Syirik Dalam Ar rububiyyah

Yaitu jika seseorang percaya bahwa ada selain Allah dapat membuat, memberikan rezeki, menghidupkan atau mematikan, dan yang lainnya dari sifat ar rububiyyah. Orang-orang seperti situasi ini bahkan lebih sesat dan lebih buruk dari orang-orang kafir sebelumnya.


Mereka yang lulus iman monoteistik dengan rububiyyah namun mereka menyekutukan Allah dalam uluhiyyah. Mereka percaya bahwa Allah adalah satu-satunya pencipta alam semesta, tapi mereka masih berdoa, meminta di kuburan seperti kuburan Latta. Sebagaimana Allah diprofilkan tentang mereka:


Dan memang jika Anda meminta mereka: "Siapa yang menciptakan langit dan bumi dan menundukkan matahari dan bulan?" Mereka pasti akan mengatakan: "Allah." Jadi betapakah mereka (bisa) berpaling (dari jalan yang benar). (QS Al Ankabut:. 61)


Firman Allah Ta'ala:

Dan memang jika Anda meminta mereka: "Siapa yang menciptakan langit dan bumi?" Mereka pasti akan mengatakan: "Allah." Katakanlah: "Segala puji bagi Allah." Tetapi kebanyakan dari mereka tidak tahu itu. (QS Luqman:. 25)


Ayat-ayat ini menunjukkan bahwa semua musyrik sebelumnya mengakui Allah adalah satu-satunya pencipta yang menciptakan langit dan bumi, yang menghidupkan dan mematikan, yang menurunkan hujan dan sebagainya. Tapi mereka masih menyembah kepada orang lain. Jadi bagaimana dengan orang yang tidak percaya sama sekali bahwa Allah adalah Pencipta, atau ada Tuhan yang menciptakan, menghidupkan, dan mematikan, yang menurunkan hujaan dan seterusnya atau orang seperti Allah dalam hal ini. Seperti ini tentu lebih buruk lagi. Ini adalah apa yang syirik dalam rububiyah.


3) Syirik dalam Al Asma 'wa Shifat Ash


Yaitu jika seseorang sebagian mensifatkan makhluk Allah dengan sebagian sifat-sifat Allah yang khusus baginya. Sebagai contoh, percaya bahwa ada makhluk Allah yang mengetahui tindakan hakim yang tak terlihat.


Firman Allah SWT:

(Dia adalah Tuhan) yang tahu tak terlihat. Kemudian ia tidak menunjukkan

kepada siapa pun pada supranatural.? (QS Al Jin:. 26)



JENIS Syirik


1. Syirik Akbar

Syirik merupakan penyebab keluarnya seseorang dari agama Islam, dan orang yang bersangkutan jika mati dalam keadaan seperti itu, akan kekal di neraka.


Sendiri syirik akbar adalah untuk mengubah satu jenis ibadah kepada selain Allah! Sebagai :

- Memohon dan menaati selain Allah

- Bernadzar untuk selain Allah

- Takut mayat, kuburan, jin, setan disertai keyakinan bahwa hal-hal ini dapat memberikan bahaya dan membahayakan mereka

- Carilah perlindungan kepada selain Allah, seperti meminta perlindungan kepada jin dan yang mati

- Mengharapkan sesuatu yang tidak dapat direalisasikan kecuali dengan Allah

- Seperti meminta hujan handler, meminta penyembuhan dukun dengan keyakinan bahwa dukun yang menyembuhkan dia, mengaku mengetahui hal gaib, menyembelih hewan kurban yang ditujukan untuk selain Allah.


Berbagai Syirik Besar


Sebuah. Syirik dalam doa

Yaitu meminta selain Allah, selain memintanya. Allah berfirman dalam Kitab-Nya (terjemahan):


"Dan orang-orang yang kamu seru selain Allah tidak memiliki apa-apa walaupun epidermis tipis Jika Anda bertanya kepada mereka, mereka tidak mendengar klaim Anda, dan jika mereka mendengar mereka tidak dapat mengizinkan permintaan (QS Faathir:. 13-14)..


b. Syirik dalam sifat Allah


Seperti keyakinan bahwa para nabi dan wali mengetahui tindakan hakim yang tak terlihat. Allah Ta'ala telah membantah keyakinan seperti dalam firman-Nya (terjemahan):


"Dan di dalam Dia adalah kunci yang gaib, tidak ada yang tahu, tapi dia sendiri." (Al Qur'an, Al-An'am: 59). Lihat QS. Al-Jin: 26-27.


Pengetahuan tentang yang gaib adalah salah satu hak istimewa Allah, menghubungkan ke selain Dia adalah syirik akbar.


c. Syirik dalam Mahabbah (cinta)


Mencintai seseorang, baik wali atau cinta seperti Allah lainnya, atau disamakan cinta untuk makhluk dengan cintanya kepada Allah Ta'ala. Pada ini Allah berfirman (terjemahan):


"Dan umat manusia ada orang-orang yang menyembah selain Allah loket-loket, mereka mencintai mereka karena mereka mencintai Allah, adapun orang-orang yang beriman, mencintai Allah (QS Al-Baqarah:. 165)..


Mahabbah dalam ayat ini adalah mahabbatul Tubu-diyah (cinta yang mengandung unsur ibadah), yaitu suka ditambah dengan penyerahan dan ketaatan mutlak dan mengutamakan dicintai daripada yang lain. Mahabbah seperti ini adalah hak istimewa Allah, hanya Allah memiliki hak untuk dicintai seperti itu, tidak harus diperlakukan dan disinkronkan dengan-Nya apa-apa.


d. Syirik ketaatan


Yaitu ketaatan kepada makhluk, baik wali atau ulama dan lain-lain, di mendurhakai Allah Ta'ala. Seperti mematuhi mereka dalam menghalal-kan apa yang Allah SWT telah dilarang, atau melarang apa yang halal baginya.


Tentang hal ini Allah Subhanahu wa Ta ala berfirman (yang diterjemahkan): Mereka membuat orang-orang saleh, dan biarawan mereka sebagai Tuhan selain Allah. (QS At-Taubah:. 31).


Taat kepada ulama dalam hal ketidaktaatan adalah apa yang dimaksud dengan menyembah berhala mereka! Berkaitan dengan ayat di atas, yang menegaskan Nabi (terjemahan): Tidak ada ketaatan kepada makhluk di berzinah dengan al-Khaliq (Allah). (Hadits shahih, diriwayatkan oleh Ahmad).







e. Syirik Khauf (takut)


Jenis-jenis takut:


1. Khauf Sirri; yaitu takut selain Allah Subhanahu wa Ta'ala, dalam bentuk berhala, Evil, mayat, gahib makhluk peri, dan orang-orang yang sudah mati, dengan keyakinan bahwa mereka dapat menimbulkan kerugian bagi makhluk. Allah berfirman (terjemahan): Jangan takut kepada mereka, takut kamu ke saya jika Anda benar-benar percaya. (Al Qur'an, Ali Imran: 175).


2. Takut menyebabkan seseorang meninggalkan kewajibannya, seperti: Takut seseorang menyebabkan kewajiban ditinggalkan. Ketakutan seperti di haram, bahkan termasuk syirik ashghar (syirik kecil). Dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda (terjemahan):


"Apakah Anda tidak mempermalukan seseorang dari dia!" Sahabat bertanya: Bagaimana bisa seseorang mempermalukan dirinya sendiri? Nabi berkata: "Itu dia melihat Allah hak-hak yang harus dipenuhi, tetapi tidak ditunaikannya Allah akan berkata kepadanya pada hari kiamat:!? Apa yang mencegah Anda untuk mengatakan ini dan itu".


Dia menjawab: "Karena takut manusia!". Allah berfirman: "Aku sendiri hanya harus takut". (HR, Ibnu Majah dari Abu Kata al Khudry, Shahih).


3. Rasa takut adalah alam, rasa takut yang timbul dari sifat manusia seperti takut binatang liar, atau orang-orang jahat dan lain-lain. Tidak termasuk syirik, hanya saja seseorang tidak akan terlalu didominasi oleh kekhawatiran yang dapat digunakan setan untuk menyesatkan.


f. Syirik hulul


Percaya bahwa Tuhan menjelma ke makhluk-Nya. Ini adalah keyakinan Ibn Arabi (bukan Ibn Arabi, dia ulama Ahlus Sunnah) dan keyakinan dari beberapa sufi yang ekstrim.


g. Syirik tasharruf


Keyakinan bahwa sebagian para wali yang berwenang untuk bertindak dalam mengelola urusan makhluk. Keyakinan seperti ini jelas lebih dari keyakinan sesat yang musyrik Arab masih percaya pada Tuhan sebagai Pencipta dan Penguasa alam semesta.


h. Syirik Hakimiyah


Termasuk hakimiyah Syirik adalah untuk membuat undang-undang yang kontras dengan hukum Islam, dan untuk memungkinkan diberlakukannya undang-undang atau menganggap bahwa hukum Islam tidak cocok lagi dengan perkembangan zaman. Pagan diklasifikasikan dalam hal ini adalah hakim yang membuat dan menegakkan hukum, dan mereka yang taat, jika meyakini kebenaran hukum dan rela dengannya.


saya. Syirik pengunduran diri


Pengunduran diri, ada tiga jenis:


- Pengunduran diri dalam kasus-kasus yang hanya dapat dilaksanakan oleh Allah sendiri. Jenis pengunduran diri harus diserahkan kepada Allah saja, jika seseorang menyerahkan atau memasrahkannya kepada selain Allah, maka ia termasuk musyrik.


- Pengunduran diri dalam hitungan yang mampu dilaksanakan. Pengunduran diri semacam ini juga harus diserahkan kepada Tuhan, karena menyerahkannya kepada makhluk termasuk syrik ashghar.


- Pengunduran diri dalam arti urusan delegasi kepada orang lain dalam kasus mampu mencapai. Seperti dalam pembelian dan penjualan dan hal-hal lainnya. Pengunduran diri semacam ini diperbolehkan, hanya membiarkan seseorang masih mengandalkan Allah Subhanahu wa Taala, meskipun masalah itu didelegasikan kepada makhluk.


j. Syirik niat dan tujuan


Yaitu menyembah dengan maksud mencari seorang pria tanpa pamrih saja, dalam hal ini Allah Subhanahu wa Taala mengatakan (terjemahan):


"Siapa pun yang menginginkan kehidupan dunia dan perhiasan, Kami akan memberinya membalas dengan pekerjaan mereka di dunia yang sempurna, dan mereka di dunia tidak akan dirugikan. Itu orang tidak akan mendapatkan di akhirat kecuali neraka dan pergi di akhirat adalah apa yang mereka usahakan di dunia, dan tidak berharga, apa yang telah mereka lakukan ". (. QS Hud: 15-16).


Semacam ini syirik munafiqin banyak menimpa orang-orang yang memiliki tenaga kerja biasa untuk riya.


k. Syirik dalam keberadaan Believe It Bintang dan Planet Pengaruh Berbagai Kejadian dan Kehidupan Manusia.


Dari Zaid bin Khalid Al-Juhani, ia berkata: Nabi mengatakan (terjemahan): Allah berfirman:. "Pagi ini antara hamba ada yang percaya saya dan beberapa kafir Adapun orang-orang yang mengatakan, kami diberi hujan karena kasih karunia Allah dan rahmat-Nya, maka Ia adalah setia kepada saya, dan orang-orang kafir terhadap bintang Adapun orang-orang yang mengatakan:. Hujan yang turun sebagai bintang dan bintang dia kufur kepada-Ku dan percaya pada bintang ". (HR, Bukhari).

Lihat Bary Fath, 2/333).


Termasuk dalam hal ini adalah untuk percaya astrologi (horoskop) karena banyak dari kita temui di koran dan majalah. Jika ia percaya pengaruh bintang dan planet singkat-tapi kemudian ia telah musyrik. Jika dia telah membaca hanya untuk hiburan maka ia telah melakukan kejahatan dan dosa. Untuk itu tidak diperbolehkan untuk hiburan dengan membaca hal-hal syirik. Selain setan kadang-kadang berhasil menggoda jiwa manusia bahwa ia percaya pada hal-hal yang syirik. Kemudian, membacanya termasuk sarana dan cara untuk penyembahan berhala.


Mengenai kisah Besar syirik

Neraka sebagai lalat


Tariq bin Shihab mengatakan bahwa Nabi Shallallahu 'alaihi Wasallam mengatakan (terjemahan): Ada seseorang masuk surga karena seekor lalat, dan ada seseorang masuk neraka karena terbang pula. Para sahabat bertanya: Bagaimana, ya Rasulul-lah? Dia menjawab: Ada dua orang berjalan melewati orang-orang yang memiliki berhala, yang tak seorang pun melewati berhala sebelum menawarkan dia sebuah pengorbanan.


Pada saat itu, mereka berkata kepada salah satu dari dua orang: mempersembahkan korban kepadanya! Dia menjawab: Aku tidak memiliki apa pun yang dapat kupersem-bahkan dia. Mereka berkata kepadanya lagi: Hadir bahkan seekor lalat. Lalu ia menawarkan lalat, mereka juga memungkinkan dia untuk melanjutkan perjalanan.


Kemudian ia masuk neraka karena itu. Kemudian mereka berkata satu sama lain: mempersembahkan korban kepadanya. Dia menjawab: Saya tidak pengorbanan layak untuk menyajikan sesuatu selain Allah SWT. Kemudian mereka memotong kepalanya, karena itu orang-orang ini pergi ke surga. (HR, Imam Ahmad).


Dan termasuk pembantaian ketidaktahuan sangat terkenal di zaman kita ini-yang disembelih untuk jin. Itu adalah ketika mereka membeli rumah atau membangunnya, atau ketika mereka dibantai sumur gali di tempat atau di depan gerbang sebagai korban (korban) karena takut gangguan jin. (Lihat Taisirul Azizil Hamid, p. 158).



2. Syirik Ashghar

Yaitu setiap ucapan atau tindakan lain syirik oleh syara tapi tidak mengeluarkan dari agama. Ini adalah dosa besar yang dapat memberikan ke syirik akbar.

Berbagai syirik asghar:


Sebuah. Zahir (jelas)


Bentuk pidato: Nabi mengatakan (terjemahan): "Barangsiapa bersumpah dengan selain nama Allah, maka ia telah melakukan syirik". (HR. Ahmad, Shahih).


Dan kata-kata Rasulullah SAW yang lain (terjemahan): "Jangan katakan:. Pada kehendak Allah dan kehendak Fulan Tapi katakanlah: Pada kehendak Allah, maka begitu dan begitu akan". (HR. Ahmad, Shahih).


Bentuk praktek, seperti: Memakai gelang, benang, dan sejenisnya sebagai pengusir atau bahaya jera, jika ia percaya bahwa benda-benda tersebut hanya sebagai sarana ditolak atau tertangkalnya bala bantuan. Tetapi jika ia percaya bahwa benda-benda yang ditolak dan menangkal wabah, itu termasuk syirik akbar. Imran bin Hushain radiallahu anhu berkata, bahwa Nabi melihat seorang pria ada gelang kuningan di tangannya, kemudian ia bertanya (terjemahan): "Apa ini?".


Orang itu menjawab: Penangkal sakit. Nabi juga mengatakan: "Biarkan karena ia hanya akan menambah kelemahan dalam diri Anda, karena jika Anda mati menjadi gelang itu masih ada di tubuh, Anda tidak akan beruntung selamanya". (HR, Imam Ahmad dengan rantai penularan yang dapat diterima).


Dan riwayat Imam Ahmad juga dari Uqbah bin Amir dalam hadits marfu (terjemahan): Siapa pun tergantung tamimah, semoga Allah tidak mengabul-nya keinginan; dan barang siapa menggantung wadaah, semoga Allah tidak memberi ketenangan pada dirinya. Disebutkan dalam riwayat lain: Dia yang digantung tamimah, maka dia telah melakukan syirik. (Tamimah adalah sesuatu dikalungan di leher anak-anak sebagai pencegah atau penyakit penolak, pengaruh jahat yang menyebabkan iri seseorang dan sebagainya. Wadaah adalah semacam jimat).


b. Khafi (tersembunyi); Syirik yang bersumber dari praktek hati, seperti riya, sumiah dan lain-lain.


BAHAYA SYIRIK


1. Syirik Ashghar (tidak mengeluarkan dari agama).


a. Merusak amal yang tercampur dengan syirik ashghar.

Abu Hurairah radiallahu dari anhu marfu (terjemahan): Allah berfirman: "Aku tidak membutuhkan sekutu Anda, siapa yang melakukan suatu perbuatan yang ia bergaul saya lainnya dia daripada aku, jadi aku meninggalkan dia dan persekutuan". (HR Muslim, Kitab az-Zuhud 2985, 46).


b. Terkena ancaman argumen tentang syirik, karena Salaf digunakan setiap proposisi yang berkaitan dengan syirik syirik akbar untuk ashghar. (Lihat al-Madkhal, 124 p).


c. Termasuk dosa besar yang terbesar.



2. Syirik Akbar


Sebuah. Kezhaliman terbesar.


Firman Allah (terjemahan): "Sesungguhnya syirik adalah kebrutalan besar". (. QS Luqman: 13).


b. Menghancurkan seluruh amal.


Firman Allah (terjemahan): "Jika Anda syirik, tentu menghapus perbuatan Anda, dan Anda benar-benar, termasuk mereka yang telah kehilangan" (QS Az Zumar:. 65)..


c. Jika meninggal dalam keadaan syirik, maka tidak akan diampuni oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.


Firman Allah (terjemahan): Sesungguhnya, Allah akan mengampuni jika disekutukan tidak, dan Dia akan mengampuni dari itu (syirik) untuk siapa (Dia) ingin. (Qur'an, An-Nisa: 48, 116).


d. Pelakunya dilarang untuk pergi ke surga.


Firman Allah (terjemahan): "Sesungguhnya, barangsiapa menyekutukan Allah, maka pasti Allah melarang Jannah baginya dan tempatnya adalah neraka, dan tidak ada bagi orang-orang zhalim penolong". (. QS Al-Maidah: 72).


e. Kekal di neraka.


Firman Allah (terjemahan): ". Sesungguhnya orang-orang kafir, ahli-ahli Taurat dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka Neraka, mereka kekal di dalamnya Mereka adalah yang terburuk dari makhluk". (. QS Al-Bayyinah: 6).


f. Syirik adalah dosa terbesar.


Firman Allah (terjemahan): "Sesungguhnya Allah tidak mengampuni dosa mempersekutukan (sesuatu) dengan Dia, dan Dia mengampuni dosa selain syirik itu Mereka yang menganggap (sesuatu) dengan Allah, maka sesungguhnya dia telah tersesat jauh, jauh. ". (Qur'an, An-Nisa: 116).


g. Kasus pertama dilarang oleh Allah.


Allah berfirman (terjemahan): "Katakanlah: Rabbku hanya mengharamkan perbuatan keji, baik terlihat atau tar-tersembunyi, dan dosa, melanggar hak asasi manusia tanpa hak, (dilarang) kepada Allah dengan sesuatu yang Allah tidak menurunkan bukti untuk itu dan ( to-the terlarang) menempa terhadap Allah apa yang Anda tidak tahu ". (. QS Al-Araaf: 33).


h. Dosa pertama dilarang oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala. Lihat Quran surah Al-Anaam: 151.


Katakanlah: "Biarkan saya membaca apa yang dilarang atas kamu oleh Tuhanmu, yaitu: tidak mengasosiasikan sesuatu dengan Dia, berbuat baik kepada kedua orang tua, dan tidak membunuh anak-anakmu karena takut kemiskinan, Kami akan memberikan rezeki kepada Anda dan mereka, dan tidak mendekati perbuatan yang keji, baik yang muncul di antara dan tersembunyi, dan tidak membunuh jiwa yang Allah telah dilarang (untuk membunuh) tetapi oleh sesuatu (penyebab) yang benar "Jadi diperintahkan kepadamu agar kamu mungkin memahami (itu),

(Qs. Al-Anam)


saya. Pelakunya adalah orang najis (kotor) akidahnya.


Allah berfirman (terjemahan): "Hai orang yang beriman, sesungguhnya orang musyrik yang najis". (QS At-Taubah:. 28).


Bii Wallahu'alam sowab


Sumber :

- Kitab Tauhid (terjemahan) Sheikh Muhammad bin Abdul Wahab At Tamimi

- Dosa dianggap Reguler (terjemahan), Syaikh Muhammad bin Shalih al-Munajjid.

- Majalah Sunnah 09 / IV / 1421/2000.

- Dan sumber lain


Semoga bermanfaat!

Muhammad Ihsan Firdaus

http://www.ikhwanmuslim.or.id

No comments:

Post a Comment

Kumpulan ceramah ustadz Abdul Somad Lc Ma

Berikut video ceramah ustadz Abdul Somad Lc Ma Semoga menjadi motivasi dan bermanfaat  Hukum membaca Al-Qur'an digital di hp tanpa berwu...