Subscribe di sini

Sunday 24 January 2016

pengertian cengkeh


BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Masalah
Cengkeh (Eugenia aromatica  O.K) merupakan  salah  satu  komoditas pertanian yang  tinggi  nilai  ekonominya.  Komoditi Cengkeh   banyak  digunakan  dibidang industri  sebagai  bahan  pembuatan  rokok kretek.  Rosita  dan  Ireng  Darwa ti  (1993) mengemukakan bahwa cengkeh dapat pula dimanfaatkan dalam  industri kosmetik dan bahkan minyak cengkeh dipergunakan pula untuk  bahan  pelengkap  kebutuhan laboratorium  antara  lain  untuk memperjelas  preparat  yang  dilihat  di bawah mikroskop.
            Cengkeh (Sysyngium aromaticum L Merr & Perry),  termasuk dalam famili Myrtaceae dan merupakan salah satu tanaman rempah asli Indonesia yang berasal dari kepulauan Maluku, kemasyhuran cengkeh dan berbagai jenis rempah Indonesia lainnya sudah dikenal dunia sejak berabad-abad yang silam.
Cengkeh  (Eugenia  aromatica  L.)  merupakan  tanaman  yang  memiliki peluang  pasar  yang  besar  di  dalam  negeri  maupun  di  luar  negeri.  Cengkeh  pada awalnya hanya digunakan sebagai bahan obat tradisional, namun kini dimanfaatkan sebagai bahan campuran rokok kretek serta di bidang industri farmasi juga digunakan sebagai  bahan  pembuatan  minyak  atsiri.  Kebutuhan  akan  cengkeh  yang  terus meningkat  menyebabkan  keharusan  penyediaan  cengkeh  yang  besar,  salah  satunya dengan perluasan lahan untuk cengkeh (purwati).
Minyak cengkeh memiliki banyak metabolit yang bermanfaat bagi manusia. Secara tradisional minyak cengkeh digunakan untuk obat sakit gigi. Metabolit cengkeh yang paling banyak adalah eugenol, eugenol asetat, dan kariofilen. Senyawa-senyawa tersebut mempunyai sifat sebagai antibakteri dan anti jamur (Ayoola et al., 2008). Eugenol, iso–eugenol, dan zat vanili dalam minyak atsiri cengkeh dipakai pada industri kimia sebagai zat dasar untuk menyusun bermacam-macam jenis persenyawaan (Anonim, 1991).
1.2. Rumusan Masalah
 Langkah apa saja yang akan dilakukan untuk mengidentifikasi tumbuhan cengkeh?
1.3. Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui langkah apa saja yang akan ditempuh dalam mengidentifikasi suatu tanaman, khususnya pada tanaman cengkeh.
1.4. Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini semoga dapat menambah wawasan dan pengalaman dalam mengidentifikasi tumbuhan cengkeh.
1.5. Hipotesis Penelitian
Identifikasi tanaman cengkeh dapat dilakukan dengan cara melihat langsung tanaman cengkeh tersebut ke daerah yang akan dilakukan penelitian.
1.6. Ruang Lingkup Penelitian
Ruang lingkup penelitian ini mengkaji tentang Ekologi tumbuhan, yaitu “Mengidentifikasi tanaman cengkeh di Kabupaten Simeulue Kecamatan Salang Desa Padang Unoi.
1.7. Definisi Istilah
a.       Cengkeh adalah termasuk dalam famili Myrtaceae dan merupakan salah satu tanaman rempah asli Indonesia yang berasal dari kepulauan Maluku.
b.      Identifikasi adalah menentukan namanya yang benar dan tempatnya yang tepat dalam sistem klasifikasi.

c.       Ekologi adalah ilmu yang mempelajari mengenai rumah tangga mahluk hidup.

No comments:

Post a Comment

Kumpulan ceramah ustadz Abdul Somad Lc Ma

Berikut video ceramah ustadz Abdul Somad Lc Ma Semoga menjadi motivasi dan bermanfaat  Hukum membaca Al-Qur'an digital di hp tanpa berwu...