Subscribe di sini

Wednesday 13 January 2016

4 KEUTAMAAN AYAT KURSI


4 keutaman Ayat Kursi
Ayat kursi ini memiliki posisi yang sangat besar. Dalam hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam menyebutkan bahwa ia adalah ayat terbesar yang terkandung dalam Al-Quran
Oleh Wiwit Hardi Priyanto 10 Februari 2015
58 7691 0
Nuzulul Quran
Kursi ayat terletak ayat dalam surat Al Baqarah ayat 255:

الله لا إله إلا هو الحي القيوم لا تأخذه سنة ولا نوم له ما في السماوات وما في الأرض من ذا الذي يشفع عنده إلا بإذنه يعلم ما بين أيديهم وما خلفهم ولا يحيطون بشيء من علمه إلا بما شاء وسع كرسيه السماوات والأرض ولا يئوده حفظهما وهو العلي العظيم

"Tuhan, tidak ada Tuhan (yang patut disembah) selain Dia, Abadi Hidup perawatan yang lebih berkelanjutan (makhluk-Nya);. Baik tidur atau tidur-Nya segala sesuatu di langit dan di bumi ada yang bisa memberikan syafaat di sisi Allah tanpa. izinnya? Tuhan tahu apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak tahu apa-apa dari ilmu-Nya kecuali apa yang Dia kehendaki. Throne Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara mereka, dan Allah Maha Tinggi , Maha Besar "

Dalam tiga jenis eksposur monoteisme: rububiyah tauhid, tauhid uluhiyah, dan kesatuan nama dan sifat-sifat Tuhan.

Ibnu Katsir menjelaskan dalam tafsirnya, "ayat kursi ini memiliki posisi yang sangat bagus. Dalam hadits Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menyebutkan bahwa ia adalah ayat terbesar yang terkandung dalam Al-Quran" (Tafsir Al-Quran Al-'Azhim ).

Banyak kebajikan kursi ayat. Penulis akan menjelaskan beberapa kebajikan kursi ayat.

1. Kebanyakan Agung Ayat dalam Quran

Karena ada pertanyaan yang diajukan oleh Nabi untuk Ubay bin Ka'ab, "di mana ayat terbesar dalam Kitab Allah?" Ubay menjawab: "Ayat kursi." Kemudian beliau Shallallahu 'alaihi wasallam Ubay menepuk dadanya dan berkata, "Wahai Abu Mundzir, mungkin Anda akan senang dengan pengetahuan yang Anda miliki." (HR. Muslim).

Ayat Kursi Ayat dikategorikan sebagai yang paling luhur karena mencakup nama Allah yang paling mulia, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum. Tapi ulama tidak setuju mana nama Allah yang paling mulia.

2. Melebihi kebesaran Langit dan Bumi

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi mulia Ayat Kursi (seperti dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Atribut Allah)"

Sufyan ats-Tsauri mengatakan, "Untuk sebuah paragraf kursi (a) kalamullah (firman Allah), sedangkan kalamullah lebih besar dari dalam bentuk ciptaan Tuhan langit dan bumi" (HR. At-Tirmidzi)

3. Satu Dzikir Reading Sebelum B

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Jika Anda pergi ke tempat tidur (di malam hari), baca Bagian Kursi, Allah akan selalu menjagamu dan setan tidak akan mendekati Anda sampai pagi" (HR. Al-Bukhari).

Membuat paragraf kursi sebagai dzikir rutin yang dibaca ketika akan tidur. Selain itu, kursi juga termasuk ayat membaca dzikir pagi dan sore hari.

4. Satu Untuk Pergi ke Surga

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Barangsiapa membaca Ayat Kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghentikannya masuk surga kecuali kematian" (HR An Nasa-i, dinilai otentik oleh Syaikh al-Albani.).

Beberapa hadits di atas menunjukkan keutamaan Ayat Kursi. Jika kita merutinkannya, maka kita akan mendapatkan sebuah kebajikan sangat banyak. Setiap Muslim harus bersemangat untuk hal-hal yang bermanfaat bagi diri mereka sendiri, terutama mereka untuk akhirat. Ayat Kursi ayat itu sendiri tidak panjang dan sulit untuk menghafal. Semoga Allah memudahkan kita untuk berlatih. Wallahul Muwaffiq.

***

Referensi: interpretasi Terjemahan dari kursi ayat bekerja Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin



Penulis: Wiwit Hardi P.

Pasal Muslim.Or.Id

No comments:

Post a Comment

Kumpulan ceramah ustadz Abdul Somad Lc Ma

Berikut video ceramah ustadz Abdul Somad Lc Ma Semoga menjadi motivasi dan bermanfaat  Hukum membaca Al-Qur'an digital di hp tanpa berwu...