A. PROFIL PERUSAHAAN
1. Sejarah Perusahaan
Sejarah
Samsung bermula pada tahun 1938 dimana Lee Byung-Chull (1910-1987) berasal dari
keluarga pemilik tanah yang luas di daerah Uiryeong datang ke kota Daegu dan
mendirikan Samsung Sanghoe, sebuah perusahaan perdagangan kecil dengan empat
puluh karyawan yang berlokasi di Su-dong (sekarang Ingyo-dong).
Perusahaan yang di bangun Lee mengalami kemajuan dan ia memindahkan kantor
pusatnya ke Seoul pada tahun 1947. Ketika pecah Perang Korea, Lee terpaksa
meninggalkan Seoul dan memulai penyulingan gula di Busan sebagai nama Cheil
Jedang. Setelah perang, pada tahun 1954, Lee mendirikan Cheil Mojik dan
membangun pabrik di Chimsan-dong, Daegu sebagai pabrik wol.
Lee
berusaha mendirikan Samsung sebagai pemimpin industri dalam berbagai bidang,
seperti asuransi, sekuritas, dan ritel. Pada akhir 1960-an, Samsung Group mulai
berkembang menjadi industri elektronik dan membentuk divisi elektronik, seperti
Samsung Electronics Co Devices, Samsung Electro-Mechanics Co, Samsung Corning
Co, dan Samsung Semiconductor & Telecommunications Co, dan membuat
fasilitas di Suwon. Produk pertama adalah satu set televisi hitam-putih. Pada
tahun 1980, Perusahaan Samsung membeli Hanguk Jeonja Tongsin di Gumi, dan mulai
membangun perangkat telekomunikasi. Produk awalnya adalah Switchboards.
Fasilitas ini telah berkembang menjadi sistem manufaktur telepon dan faks dan
menjadi pusat manufaktur ponsel Samsung. Mereka telah menghasilkan lebih dari
800 juta ponsel. Perusahaan mereka dikelompokkan bersama di bawah Samsung
Electronics Co, Ltd pada 1980-an.
Pada
akhir 1980-an dan awal 1990-an, Samsung Electronics berinvestasi dalam
penelitian dan pengembangan, investasi yang penting dalam mendorong perusahaan
untuk terdepan dalam industri elektronik global. Pada tahun 1982, Samsung
membangun sebuah pabrik perakitan televisi di Portugal, pada tahun 1984,
samsung membangun sebuah pabrik di New York, pada tahun 1985, samsung membangun
sebuah pabrik di Tokyo, pada tahun 1987, samsung membangun fasilitas di
Inggris, dan fasilitas lain di Austin pada tahun 1996. Secara total, Samsung
telah menginvestasikan $ 5,6 milyar di Austin – sejauh ini merupakan investasi
asing terbesar di Texas dan salah satu investasi asing tunggal terbesar di
Amerika Serikat. Investasi baru samsung di Austin totalnya menjadi lebih dari $
9 miliar.
Samsung
mulai bangkit sebagai perusahaan internasional pada 1990-an. cabang konstruksi
Samsung mendapatkan kontrak untuk membangun satu dari dua Petronas Towers di
Malaysia, Taipei 101 di Taiwan dan Khalifa Burj di Uni Emirat Arab. Pada tahun
1993., Lee Kun-hee menjual sepuluh anak perusahaan Samsung Group, dirampingkan
perusahaan, dan operasi lainnya bergabung untuk berkonsentrasi pada tiga
industri yaitu elektronik, teknik, dan bahan kimia. Pada tahun 1996, Grup
Samsung membeli kembali Sungkyunkwan University foundation.
Dibandingkan
dengan perusahaan besar Korea lainnya, Samsung selamat dari krisis keuangan
Asia tahun 1997 yang relatif tidak berpengaruh besar. Namun, Samsung Motor
dijual kepada Renault karena mengalami kerugian yang signifikan. Pada tahun
2010, saham Renault Samsung 80,1 persen dimiliki oleh Renault dan 19,9 persen
dimiliki oleh Samsung. Selain itu, Samsung memproduksi berbagai pesawat dari
tahun 1980-an 1990-an. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999 sebagai Korea
Aerospace Industries (KAI),
hasil penggabungan antara lalu tiga divisi aerospace domestik utama Samsung
Aerospace, Daewoo Heavy Industries, dan Hyundai Space dan Aircraft Company.
Samsung
menjadi produsen terbesar memory chips di dunia pada tahun 1992, dan pembuat
chip dunia terbesar kedua setelah Intel. Sepuluh tahun kemudian, Samsung tumbuh
menjadi produsen terbesar di dunia membuat panel layar liquid-crystal. Pada
tahun 2006, S-LCD didirikan sebagai perusahaan patungan antara Samsung dan Sony
dalam rangka menyediakan pasokan yang stabil dari panel LCD untuk mereka dan
mengoperasikan pabrik-pabrik serta membangun fasilitas di Tangjung, Korea
Selatan.
Samsung Electronics mengungguli Sony sebagai salah satu merek yang
paling populer di dunia konsumen elektronik pada tahun 2004 dan 2005, dan
sekarang peringkat ke 19 di dunia secara keseluruhan. Samsung menjadi
perusahaan terbesar kedua setelah Nokia dengan volume dunia produsen ponsel
terutama pangsa pasar terkemuka di Amerika Utara dan Eropa Barat.
Keberhasilan
Samsung sebagai sebuah penyedia teknologi terus berkembang melalui delapan
puluhan seperti Samsung Electronics telah bergabung dengan Samsung
Semikonduktor dan Telekomunikasi. Dengan cara ini diaspal menuju terus kuat di pasar
internasional dengan produk teknologi tinggi yang akan menjadi pokok di setiap
rumah. Perkembangan ini berlanjut saat dekade berikutnya sebagai Samsung terus melampaui
batas dan restrukturisasi rencana bisnis untuk mengakomodasi adegan global.
Mengadopsi bentuk baru manajemen terbukti menjadi perpindahan yang bijaksana
bagi perusahaan sebagai produk berjalan mereka pada daftar harus top-have dalam
berbagai bidang mereka. TV-LCD, tabung gambar, printer Samsung dan produk
teknologi tinggi lainnya akuisisi menjadi terkenal karena mereka berkualitas
tinggi. Ketika Samsung berkelana ke industri LCD pada tahun 1993, menjadi yang
terbaik di dunia.
Metode yang sangat baik perusahaan pengendalian kualitas inilah yang membuatnya berhasil dalam menyediakan hanya produk terbaik untuk seluruh dunia. Ini berlaku sebuah "Berhenti Line" sistem dimana setiap orang bisa menghentikan proses produksi dalam hal bahwa produk ditemukan kurang lancar.
Untuk saat ini, terus Samsung mempertahankan statusnya sebagai operator terbaik di dunia "itu" teknologi. Its tenaga kerja berkualifikasi tinggi masih mengupayakan yang terbaik dalam bidangnya masing-masing membuat keseluruhan perusahaan sukses besar dalam pembuatan. Rahasia sukses terus perusahaan dalam peningkatan konstan struktur manajemen dan penerapan filosofi-nya: "Kami akan mencurahkan sumber daya manusia dan teknologi untuk menciptakan produk dan jasa, sehingga memberikan kontribusi kepada masyarakat global yang lebih baik."
2. VISI
Visi
Samsung Electronics untuk dekade baru adalah "Inspire the World, Create
the Future."
Kami
berkomitmen untuk menginspirasi masyarakat diseluruh dunia dengan mengembangkan
teknologi terbaru, produk-produk inovatif dan solusi kreatif. Kami juga
berkomitmen untuk menciptakan masa depan yang cerah dengan mengembangkan nilai
baru untuk jaringan inti: industri, mitra dan karyawan. Melalui upaya ini, kami
berharap berkontribusi pada dunia dengan lebih baik dan pengalaman yang lebih
kaya bagi semua.
Sebagai
bagian dari visi terbaru kami, kami telah memtakan rencana yang spesifik untuk
mencapai $ 400 milyar pendapatan dan menjadi salah satu lima merek top dunia
pada tahun 2020. Untuk tujuan ini, kami telah mendirikan tiga pendekatan
strategis dalam manajemen kami yaitu kreativitas, kemitraan dan bakat.
Kami
sangat gembira dengan masa depan. Seperti kita membangun prestasi kami
sebelumnya, kami berharap untuk menjelajahi wilayah baru, termasuk kesehatan,
kedokteran dan bioteknologi. Kami berkomitmen untuk menjadi pemimpin kreatif di
pasar baru dan menjadi bisnis nomor 1 yang benar-benar maju.
3. MISI
Menjadi “digital-εCompany”
yang terbaik.
Samsung
tumbuh menjadi perusahaan global dengan menghadapi tantangan secara langsung.
Dalam tahun-tahun kedepan, orang-orang kami yang berdedikasi akan terus
menghadapi banyak tantangan dan memberikan ide-ide kreatif untuk mengembangkan
produk dan layanan yang memimpin pasar. Kecerdasan mereka akan terus menjadikan
Samsung sebagai perusahaan global yang menguntungkan dan bertanggung jawab.
No comments:
Post a Comment