Subscribe di sini

Wednesday 13 January 2016

Keutamaan Shalat Wajib Lima Waktu

Keutamaan Shalat Wajib Lima Waktu


Salat adlh bahwa ibadah yang mulia, ibadah yang dibuka dengan takbir dan ditutup dengan salam, dan dia adlh ibadah yang paling penting setelah dua kalimat syahadat. Ibnu Umar seseorang membuat anhuma ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan:

بني الإسلام على خمس شهادة أن لا إله إلا الله وأن محمدا رسول الله وإقام الصلاة وإيتاء الزكاة والحج وصوم رمضان

"Islam dibangun di atas lima (dasar); kesaksian tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad Rasulullah, mendirikan shalat dan membayar zakat, haji dan puasa Ramadhan". (HR. Al-Bukhari no. 7 dan Muslim no. 19)

Salah adlh penghubung antara hamba dengan Tuhannya, karena ketika doa-doa hamba berdiri di hadapan Allah SWT untuk berdoa kepada-Nya. Abu Hurairah dari Nabi Shallallahu'alaihiwasallam seseorang membuat anhu ia berkata:

قال الله تعالى قسمت الصلاة بيني وبين عبدي نصفين ولعبدي ما سأل فإذا قال العبد: {الحمد لله رب العالمين} قال الله تعالى حمدني عبدي وإذا قال: {الرحمن الرحيم} قال الله تعالى أثنى علي عبدي وإذا قال: {مالك يوم الدين} قال مجدني عبدي وقال مرة فوض إلي عبدي فإذا قال: {إياك نعبد وإياك نستعين} قال هذا بيني وبين عبدي ولعبدي ما سأل فإذا قال: {اهدنا الصراط المستقيم صراط الذين أنعمت عليهم غير المغضوب عليهم ولا الضالين} قال هذا لعبدي ولعبدي ما سأل

"Mereka yang salat tanpa membaca Umm Al-Quran di dalamnya, maka shalatnya masih berutang uang, tidak sempurna" tiga kali. Diminta untuk Abu Huraira, "Kami berada di belakang imam?" Dan dia menjawab, "Baca Umm Al-Quran di dalam kamu, karena aku mendengar sang Nabi berkata, 'Tuhan berkata,' Aku membagi shalat antara saya dengan hamba-Ku, dan hamba-Ku mendapatkan sesuatu tanyanya. Ketika hamba itu berkata," Pujian bagi Allah Tuhan semesta alam. "Lalu Allah berkata, 'Hamba-Ku memuji Me. "Jika seorang hamba adalah untuk mengatakan, 'bahwa Agung Pengasih lagi Maha Penyayg. 'Kata Tuhan,' Hamba-Ku memuji Me. "Jika hamba mengatakan 'Pemilik kiamat.' Allah berfirman, 'Hamba-Ku memuji saya.' Lalu dia berkata, 'Hamba-Ku menyerahkan usahanya kepada-Ku.' Jika seorang hamba adalah untuk mengatakan, "Hanya kepadaMulah aku menyembah dan hanya kepadaMulah saya untuk membantu. "Kata Allah, 'Ini adlh antara aku dengan hamba-Ku. Dan hamba-Ku mendapatkan sesuatu yang dia minta'. Jika budak adalah untuk mengatakan, 'Beri kami jalan petunjuk yang lurus, yaitu orang-orang yang Anda berikan nikmat atas mereka, bukan orang-orang yang Tuhan Anda terprovokasi dan juga orang-orang yang sesat. ' Allah berkata, 'Ini Untuk hamba-Ku, dan hamba-Ku mendapatkan sesuatu yang dia minta. "(HR. Muslim no. 598)

Shalat lima waktu memiliki hak tertentu dibandingkan dengan semua ibadah wajib lainnya, di antaranya:

Sebuah. Salah 5 mrpkan waktu ibadah yang Allah Ta'ala syariatkan untuk-Nya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam secara langsung tanpa perantara malaikat. Berbeda halnya dengan kewajiban lainnya yang diperlukan melalui perantara malaikat.

b. Doa lima kali diperlukan di langit sementara kewajiban lainnya yang diperlukan bumi.

Oleh karena itu sudah sepatutnya bahwa berdoa 5 kali dianggap baik sebagai ibadah yang paling penting.

Terlepas dari hak-hak istimewa di atas, berdoa 5 kali pada umumnya dan beberapa di antaranya A doa khusus memiliki keutamaan yang lain, termasuk:

Sebuah. Waktu 5 doa akan menghilangkan semua dosa dan kesalahan.

Dari Abu Hurairah seseorang membuat anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan:

الصلاة الخمس والجمعة إلى الجمعة كفارة لما بينهن ما لم تغش الكبائر

"Doa lima kali sehari dan sholat Jumat ke Jumat berikutnya adlh penghapus dosa Untuk antara mereka untuk tidak melakukan dosa besar." (HR. Muslim no. 342)

Seseorang membuat Utsman anhu dia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan:

ما من امرئ مسلم تحضره صلاة مكتوبة فيحسن وضوءها وخشوعها وركوعها إلا كانت كفارة لما قبلها من الذنوب ما لم يؤت كبيرة وذلك الدهر كله

"Ini bukan doa Muslim fardlu mengunjungi, dan dia membaguskan wudlunya & khusyu'nya dan doa, tapi itu menjadi dosa masa lalunya, selama ia tidak melakukan dosa besar. Dan (valid) setiap saat." (HR. Muslim no. 335)

Dalam kedua hadits di atas dikecualikan dosa-dosa besar, karena merupakan dosa besar tidak bisa dihapus hanya dengan praktek saleh, akan tetapi harus bertobat dan mencari pengampunan. Oleh karena itu, yang dengan dosa di kedua hadits di atas adlh dosa-dosa kecil.

Patokan besar dosa adlh sebagai yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas anhuma seseorang membuat:

الكبائر كل ذنب ختمه الله بنار أو لعنة أو غضب أو عذاب

"Dosa-dosa besar adlh setiap dosa Allah berakhir dengan ancaman neraka atau kutukan atau murka atau siksaan." (HR Ibnu Jarir dalam komentarnya pada Sura An-Najm: 32)

Meskipun awalnya ada perbedaan antara dosa kecil dosa, tapi ia seseorang membuat anhu juga mengatakan:

لا كبيرة مع الاستغفار, ولا صغيرة مع الإصرار

"Tidak ada dosa besar jika selalu diikuti dengan pengampunan dan tidak ada dosa kecil jika dia dilakukan terus-menerus."

b. Doa pagi selalu dihadiri dan disaksikan oleh para malaikat dan dia juga menja

Allah Ta'ala berfirman:

أقم الصلاة لدلوك الشمس إلى غسق الليل وقرءان الفجر إن قرءان الفجركان مشهودا

"Membangun doa dari ketika matahari tergelincir melalui malam yang gelap dan (berdiri pula shalat) subuh Memang sholat subuh itu disaksikan (oleh malaikat).." (Al Qur'an, Al-Isra`: 78)

c. Shalat Ashar yang berdoa mrpkan Wustha -seperti dalam sejarah Al-Bukhari- dikhususkan penyebutannya dari doa-doa lainnya.

Dan ini menunjukkan keistimewaan shalat Ashar -Dari satu sisi-dari doa lainnya. Allah Ta'ala berfirman:

حافظوا على الصلوات والصلواة الوسطى

"Jauhkan semua doa (mu), dan (guard) doa wusthaa." (QS Al-Baqarah:. 238)

d. Menjaga doa pagi dan alasan terbesar Ashar mrpkan untuk pergi ke surga dan diselamatkan dari neraka.

Emirat bin Ru'aibah seseorang membuat anhu ia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan:

لن يلج النار أحد صلى قبل طلوع الشمس وقبل غروبها

"Ini tidak akan masuk neraka seseorang yang berdoa sebelum matahari terbit dan sebelum terbenamnya." (HR. Muslim no. 1003)

Dari Abu Musa seseorang membuat anhu bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan:

من صلى البردين دخل الجنة

"Mereka shalat di dua waktu dingin, maka dia akan masuk surga." (HR. Al-Bukhari no. 540 dan Muslim no. 1005)

Dari Jundub bin Abdullah seseorang membuat anhu ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan:

من صلى الصبح فهو في ذمة الله فلا يطلبنكم الله من ذمته بشيء فيدركه فيكبه في نار جهنم

"Siapa pun shalat subuh, maka ia dalam jaminan Allah, oleh karena itu, jangan biarkan Allah membutuhkan sesuatu dari Anda sebagai imbalan untuk jaminan nya, sehingga Allah menangkapnya dan menyungkurkannya ke dalam neraka neraka." (HR. Muslim no. 1050)

Jarir bin 'Abdullah seseorang membuat anhu ia berkata: Nabi shallallahu alaihi wasallam berkata:

إنكم سترون ربكم كما ترون هذا القمر لا تضامون في رؤيته فإن استطعتم أن لا تغلبوا على صلاة قبل طلوع الشمس وقبل غروبها فافعلوا

"Tentunya Anda akan melihat Rabb Anda seperti yang Anda lihat bulan purnama ini. Dan Anda tidak akan berdesak-desakan satu sama lain dalam tampilan nya. Jadi, jika Anda mampu untuk tidak melewatkan Untuk doa matahri sebelum matahari terbit dan sebelum terbenamnya, maka lakukanlah." (HR . Al-Bukhari no. 521 dan Muslim no. 1002)

e. Meninggalkan shalat 5 kali -atau salah satunya- dengan sengaja karena malas percaya terus adlh.

Allah Ta'ala berfirman:

وخلف من بعدهم خلف أضاعوا الصلاة واتبعوا الشهوات فسوف يلقون غيا إلا من تاب وآمن وعمل صالحا

"Mereka datang setelah mereka, pengganti (sedap dipandang) yang menyia-nyiakan shalat dan memanjakan nafsunya, maka mereka mungkin akan memiliki sesat, kecuali orang yang bertobat, beriman dan beramal saleh." (QS Maryam:. 59-60)

Jika orang yang meninggalkan shalat masih percaya, hal ini tentunya tidak diperlukan ketika ia bertobat ia harus percaya.

Hal ini diperkuat dalam hadits dari Jabir seseorang membuat anhuma ia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan:

إن بين الرجل وبين الشرك والكفر ترك الصلاة

"Benar-benar, yang memisahkan seorang pria dengan kesyirikan & kekufuan adlh meninggalkan shalat." (HR. Muslim no. 116)

Juga di Buraidah bin Abdullah dari nya seseorang ayah membuat anhu ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengatakan:

بيننا وبينهم ترك الصلاة فمن تركها فقد كفر

"(Separator) antara kami dan mereka (orang-orang kafir) adlh meninggalkan shalat, sehingga siapa pun yang membuatnya maka sesungguhnya ia telah kafir." (HR. Ahmad no. 21929)

Keutamaan Shalat Subuh

Fajr adlh satu kali dalam beberapa waktu, di mana Allah Ta'ala memerintahkan umat Islam untuk shalat pada saat itu. Allah Ta'ala berfirman,

أقم الصلاة لدلوك الشمس إلى غسق الليل وقرآن الفجر إن قرآن الفجر كان مشهودا

"Membangun doa dari ketika matahari tergelincir melalui malam yang gelap dan (berdiri pula doa) Fajr Memang doa Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat).." (Qs Al-Isra ':. 78) Berapa banyak dari umat Islam yang lalai dalam melakukan doa pagi. Mereka lebih memilih untuk melanjutkan tidurnya daripada bangun Untuk doa. Jika kita melihat jumlah peziarah yang berdoa pagi di masjid, akan terasa berbeda dibandingkan dengan jumlah jamaah pada waktu shalat lagi.

Jika seseorang melakukan doa pagi, pasti ia akan menemukan banyak kebajikan. Di antara kebajikan adlh nya

(1) Salah satu alasan untuk pergi ke surga

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

من صلى البردين دخل الجنة

"Mereka yang salat bardain (yaitu doa pagi dan Ashar), maka dia akan masuk surga." (HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

(2) Salah satu penghalang ke neraka

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

لن يلج النار أحد صلى قبل طلوع الشمس وقبل غروبها

"Hal ini tidak akan masuk neraka orang-orang yang berdoa sebelum matahari terbit (yaitu doa pagi) dan doa sebelum matahari terbenam (yaitu shalat Ashar)." (HR. Muslim no. 634)

(3) Berada di jaminan Allah

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

من صلى صلاة الصبح فهو في ذمة الله فلا يطلبنكم الله من ذمته بشيء فإنه من يطلبه من ذمته بشيء يدركه ثم يكبه على وجهه في نار جهنم

"Mereka yang berdoa pada waktu fajar maka dia dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan biarkan Tuhan membutuhkan sesuatu untuk Anda dari jaminan-Nya. Karena siapa pun dengan sesuatu yang Allah menuntut dari jaminan-Nya, maka Allah harus ditemukan, dan akan menelungkupkannya atas nya wajah dalam neraka Neraka. "(HR. Muslim no. 163)

(4) Dihitung sebagai doa semalam penuh

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

من صلى العشاء في جماعة فكأنما قام نصف الليل ومن صلى الصبح في جماعة فكأنما صلى الليل كله

"Mereka yang shalat berjamaah isya` maka seolah-olah ia telah shalat malam selama setengah malam. Dan barangsiapa yang berdoa pagi berjamaah maka seolah-olah dia telah berdoa sepanjang malam." (HR. Muslim no. 656)

(5) Disaksikan oleh para malaikat

Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

وتجتمع ملائكة الليل وملائكة النهار في صلاة الفجر

"Dan para malaikat dan malaikat selama doa malam berkumpul di fajar (subuh)." (HR. Bukhari no. 137 & Muslim No. 632)

Meninggalkan ancaman untuk membalas Fajr Doa

Meskipun banyak kebajikan yang bisa diperoleh jika orang tersebut melakukan doa pagi. Jangan kita takut untuk mengatakan sebagai seseorang yang munafik karena doa pagi meninggalakan? Dan kebanyakan orang meninggalkan doa pagi karena aktivitas tidur. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

إن أثقل صلاة على المنافقين صلاة العشاء وصلاة الفجر ولو يعلمون ما فيهما لأتوهما ولو حبوا

"Sesungguhnya doa yang paling berat dilakukan oleh orang-orang munafik adlh doa malam dan doa pagi. Jika mereka tahu kebajikan dari kedua, mereka akan datang kepadanya bahkan dengan merangkak." (HR. Bukhari no. 657 dan Muslim no. 651)

Cukuplah untuk mengatakan ancaman seperti orang munafik membuat ibadah yang kita selalu memperhatikan yang satu ini.

Semoga Allah selalu memberi bimbingan kepada kita semua, terutama mereka untuk laki-laki Untuk dapat shalat berjamaah di masjid. (
Keutamaan artikel Fajr Salah - Muslim.Or.Id)

Keutamaan Shalat Sunnah

Doa sunnah termasuk perbuatan yang kita harus menjaga dan rutinkan. Di antara kebajikan, doa sunnah akan menutupi kekurangan di shalat wajib. Kita tahu dengan pasti bahwa tidak ada yakin yang berdoa lima kali bekerja dengan sempurna. Kadang-kadang kita tidak berkonsentrasi, tidak kerendahan hati '(menghadirkan hati), juga kadang-kadang tawadhu' (tenang) dalam doa. Moga memahami pembahasan berikut ini semakin mendorong kita untuk terus menjaga shalat sunnah.

Pertama: Akan Tutup Kurangnya Doa Wajib

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

«إن أول ما يحاسب الناس به يوم القيامة من أعمالهم الصلاة قال يقول ربنا جل وعز لملائكته وهو أعلم انظروا فى صلاة عبدى أتمها أم نقصها فإن كانت تامة كتبت له تامة وإن كان انتقص منها شيئا قال انظروا هل لعبدى من تطوع فإن كان له تطوع قال أتموا لعبدى فريضته من تطوعه ثم تؤخذ الأعمال على ذاكم ».

"Memang, praktek yang pertama kali dihisab pada hari kiamat doa adlh manusia. Allah SWT berkata kepada malaikat dan dia adalah orang yang lebih tahu," Lihatlah doa hamba-Ku. Adalah doa yang sempurna atau tidak? Jika doa adalah sempurna, itu akan dicatat bahwa hadiah yang sempurna untuknya. Namun, jika doa adalah sedikit pendek, maka Allah mengatakan: Lihat, jika hamba-Ku memiliki praktek sunnah. Jika hamba-Ku memiliki sunnah praktek, Allah berfirman: menyelesaikan kekurangan yang ada dalam praktek wajib berlatih Sunnah nya. "Kemudian mempraktekkan lainnya akan diperlakukan seperti ini." (HR Abu Dawud no 864, Ibnu Majah no 1426 dan Ahmad 2:... 425. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini otentik)

Kedua: Dihapus dosa dan derajat ditinggikan

Ma'dan Tholhah bin Abi Al Ya'mariy, ia berkata, "Saya tidak pernah bertemu Tsauban -bekas budak Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam - dan kemudian saya berkata kepadanya,' Katakan sebuah praktek yang oleh karena itu Allah menempatkan saya ke surga '. " atau Ma'dan berkata, "Aku berkata kepada Tsauban, 'Katakan praktek dikasihi Allah.'" Ketika ditanya, Tsauban bahkan diam.

Kemudian meminta kedua kalinya, dia masih diam. Sampai ketiga kalinya, Tsauban berkata, 'Aku tidak pernah meminta yang bertanya kepada Nabi shallallahu' alaihi wa sallam. Dia mengatakan,

عليك بكثرة السجود لله فإنك لا تسجد لله سجدة إلا رفعك الله بها درجة وحط عنك بها خطيئة

"Biarkan Anda telah meningkatkan sujud (shalat multiply) kepada Allah. Karena itu tidak Anda telah meningkatkan sujud untuk Allah, tetapi Allah akan meninggikan derajatmu dan menghilangkan dosa-dosamu. '" Lalu Ma'dan berkata, "Saya tidak pernah bertemu Abu Darda' dan meminta hal yang sama. Kemudian pendamping Abu Darda 'jawaban, karena yang dijawab oleh Tsauban saya. "(HR. Muslim no. 488). Imam Nawawi rahimahullah mengatakan, "Hadits ini Untuk dorongan adlh untuk mereproduksi sujud dan itu berarti adlh sujud biak dalam doa." (Syarah Shahih Muslim, 4: 205). Bagaimana untuk memperbanyak sujud dapat dilakukan dengan memperpanjang doa sunnah.

Ketiga: Akan dekat dengan Rasul shallallahu 'alaihi wa sallam di surga

Dari Rabiah ibn Ka'b al-Aslami - radhiyallahu 'anhu - katanya,

كنت أبيت مع رسول الله صلى الله عليه وسلم فأتيته بوضوئه وحاجته فقال لي سل فقلت أسألك مرافقتك في الجنة قال أو غير ذلك قلت هو ذاك قال فأعني على نفسك بكثرة السجود

"Saya telah menghabiskan malam dengan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam, maka saya membawa air wudhunya dan pot air untuk bisnisnya. Lalu ia berkata kepada saya," Tanya saya. "Jadi aku berkata," Saya hanya meminta bahwa saya bisa menjadi teman terbaik Anda di surga. "Dia bertanya," Apakah ada permintaan untuk orang lain? "Saya menjawab," Tidak, itu saja. "Jadi dia menjawab," Tolong aku untuk meresmikan keinginan Anda dengan banyak sujud (kalikan doa). "(HR. Muslim no. 489)

Keempat: Salah adlh serta praktek terbaik

Dari Tsauban, ia mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

استقيموا ولن تحصوا واعلموا أن خير أعمالكم الصلاة ولا يحافظ على الوضوء إلا مؤمن

". Beristiqamahlah Anda dan kadang-kadang Anda tidak bisa istiqomah sempurna Tahu kebenaran bahwa Anda berlatih doa adlh paling penting ada menjaga wudhu tapi dia adlh beriman.." (HR Ibnu Majah no 277 & Ahmad 5:.. 276. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini otentik)

Kelima: Mencapai wali Allah terdepan

Orang-orang yang rajin berlatih Sunnah dalam praktek umum, itu akan menjadi wali Allah pip. Lalu apa wali Allah?

Allah Ta'ala berfirman,

ألا إن أولياء الله لا خوف عليهم ولا هم يحزنون (62) الذين آمنوا وكانوا يتقون (63)

"Ingat, orang-orang kudus yang nyata Allah, tidak ada kekhawatiran untuk mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati (Yaitu) orang-orang yang beriman dan mereka selalu bertakwa.." (Al Qur'an, Yunus: 62-63)

Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah mengatakan,

فكل من كان مؤمنا تقيا كان لله وليا

"Setiap orang percaya (beriman) dan bertakwalah kepada Allah, maka dia adalah wali Allah." (Majmu 'Fatawa al, 2: 224). Jadi Allah tidak wali dari orang-orang yang memiliki pengetahuan tentang sihir, bisa terbang, mengenakan manik-manik dan sorban. Tapi siapa adalah wali Allah sebagai yang disebutkan oleh Allah sendiri dalam surat Yunus di atas. "Kondisi yang disebut wali Allah yang setia adlh dan saleh" (Majmu 'Fatawa al, 6: 10). Jadi jika orang-orang yang disebut walikota bahkan orang yang tidak berdoa dan cinta kepada orang berdosa, maka itu bukan wali. Disebut wali, maka pantasnya ia disebut setan wali.

Harap dicatat bahwa wali Allah ada dua jenis: (1) Sebagai Saabiquun Al Muqorrobun (wali Allah terdepan) dan (2) Al Abror Ash-habul Yamin (wali Allah tengah).

Sebagai saabiquun al muqorrobun adlh hamba Allah yang selalu dekat dengan Allah dengan praktek sunnah diperlukan selain melakukan hal itu, dan ia meninggalkan bajingan yang pernah yang Makruh.

Al Abror ash-habul Yamin adlh hamba Allah yang hanya lebih dekat kepada Allah dengan praktek yang wajib dan meninggalkan bajingan itu, dia tidak membebani diri dengan praktek Sunnah dan tidak menahan diri dari berlebihan dalam diperbolehkan.

Mereka menyebutkan bahwa ini adalah firman Allah Ta'ala,

إذا وقعت الواقعة (1) ليس لوقعتها كاذبة (2) خافضة رافعة (3) إذا رجت الأرض رجا (4) وبست الجبال بسا (5) فكانت هباء منبثا (6) وكنتم أزواجا ثلاثة (7) فأصحاب الميمنة ما أصحاب الميمنة (8) وأصحاب المشأمة ما أصحاب المشأمة (9) والسابقون السابقون (10) أولئك المقربون (11) في جنات النعيم (12) ثلة من الأولين (13) وقليل من الآخرين (14)

"Dalam hal hari kiamat, tidak ada yang bisa berbohong tentang apa yang terjadi. (Insiden) menurunkan (satu kelompok) dan meninggikan (kelas yang lain), ketika bumi terguncang sedahsyat-sengit, dan pegunungan hancur luluhkan seluluh-luluhnya, maka jadilah itu debu yang terbang, dan kamu menjadi tiga kelompok. Yaitu kelompok yang tepat. Bagaimana mulia itu kelompok yang tepat. Dan orang-orang di sebelah kiri. Bagaimana sengsara Kiri itu.Dan orang yang beriman paling kuno. Mereka .. yang dibedakan ditarik kepada Allah Berada di Jannah kesenangan Ragam orang yang sebelumnya, dan sekelompok kecil orang yang kemudian "(QS Al Waqi'ah:. 1-14). (Lihat baina kriteria awliyair Rohman Al awliyaisy setan wa , Syaikh al-Islam Ibnu Taimiyah, hal. 51)

Keenam: Allah akan memberikan petunjuk pada pendengaran, penglihatan, kaki dan tangan, dan doanya itu berkhasiat

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda,

إن الله قال من عادى لى وليا فقد آذنته بالحرب, وما تقرب إلى عبدى بشىء أحب إلى مما افترضت عليه, وما يزال عبدى يتقرب إلى بالنوافل حتى أحبه, فإذا أحببته كنت سمعه الذى يسمع به, وبصره الذى يبصر به, ويده التى يبطش بها ورجله التى يمشى بها, وإن سألنى لأعطينه, ولئن استعاذنى لأعيذنه

"Allah Ta'ala berfirman: Barangsiapa melawan wali (kekasih) -ku, maka saya akan melawan hamba-Ku terus mendekat kepada Ku dengan praktek wajib Loved One hamba-Ku terus mendekat kepada saya dengan perbuatan sunnah yang saya.. mencintainya. Jika aku mencintainya, maka saya akan memberikan petunjuk tentang mendengar bahwa ia digunakan untuk mendengar, memberikan instruksi kepada visinya yang ia gunakan untuk melihat, memberikan instruksi kepada tangannya yang ia gunakan untuk memegang, menjelaskan kakinya yang ia menggunakan Untuk berjalan. Jika ia meminta saya apa-apa, saya pasti memberikan dan jika ia berlindung, pasti aku akan melindunginya. "(HR. Bukhari no. 2506)

Orang-orang yang terus-menerus berlatih sunnah (mustahab) di samping melakukan praktek wajib, akan mendapatkan cinta Allah, maka Allah akan memberikan petunjuk pada pendengaran, penglihatan, tangan dan kaki. Tuhan juga akan memberikan orang-orang seperti keutamaan ini dengan mustajabnya doa (Tersedia dari Fath Qowil Matin, Sheikh Abdul Mohsen bin Hamd Al Abad, 38 hadits).

Doa kebajikan Tahajud

Hiruk pikuk kejuaraan sepak bola Euro 2012 sudah dimulai. Pekan lalu, hampir setiap malam jutaan orang Indonesia menghabiskan malam untuk menonton pertandingan bergengsi tim 16 negara Eropa.

Maklum, di ajang bergengsi ini, akan menampilkan game dengan bintang-bintang dunia, gaya dunia game dan pertandingan fairplay utama sistem. Permainan indah dan soliditas tim yang akan menjadi tontonan menarik bagi penggemar sepak bola.

Terlepas dari kenikmatan menonton pertandingan sepak bola, itu akan menjadi disaygkan kalau saja kita menghabiskan waktu malam untuk menonton pertandingan sepak bola.

Sebagai Muslim, kita tampaknya menyadari bahwa orang-orang yang menghabiskan waktu tanpa disertai dengan ibadah, tidak milik Nabi, karena kelalaian yang telah diberikan keridhaan Allah. Tradisi sebagimana Nabi Muhammad yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, yang berbunyi:

"Dua kenikmatan yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang bahwa kelezatan sehat dan lezat waktu luang". (HR. Bukhari)

Hadis itu menyiratkan, sebagai umat Nabi, kita tidak boleh mengabaikan kenikmatan waktu luang. Di tengah malam, di sela-sela Euro 2012 pertandingan sepak bola, ada baiknya kita membantu mengisi doa malam.

Membiasakan shalat malam itu berarti mendapatkan diri kita ke kelas orang-orang saleh, yang selalu berdampingan denganAllah swt jantung. Sebagaimana firman Allah dalam Al Qur'an:

".. Pada malam hari, Anda akan berdoa Tahajud sebagai tambahan bagi Anda Semoga Tuhan membuat Anda ke tempat yang terpuji" (QS Al-Isro ': 79).

Sebelum wahyu kewajiban shalat lima waktu, sholat malam dan doa Tahajud mrpkan doa wajib untuk Nabi Muhammad. Oleh karena itu, saat ini umat Islam selalu dianjurkan untuk mendirikan shalat malam seperti shalat Tahajud.

Pendamping Abdullah bin Salam mengatakan, bahwa Nabi Muhammad berkata: ". Hai manusia, salam sebarluaskanlah dan memberikan doa makanan dan malamlah pada saat manusia sedang tidur, supaya kamu masuk surga dengan selamat" (Tirmidzi).

Dalam hadis yang narasi Imam Muslim, berdoa di doa intelektual utama mrpkan malam setelah shalat wajib.

"Doa Seutama-utama setelah shalat wajib adalah sunnah shalat di malam hari" (HR. Muslim).

Bagi umat Islam, pencahayaan waktu malam bukan hanya waktu tanpa matahari. Islam adlh malam untuk sangat berarti dan waktu yang disukai oleh Allah SWT.

Seperti yang dikatakan Nabi Muhammad: ". Pada setiap malam dari Tuhan kita Tabaraka wa Ta'ala turun (ke dunia langit) ketika menginap malam ketiga tujuan itu Ia berkata:" Jika ada yang memanggil saya, saya akan memungkinkan panggilan-Nya. Jika ada yang bertanya, aku membiarkan permintaanya. Dan siapa pun meminta maaf kepada saya, saya mengampuni dia. "(Bukhari & Muslim).

Pada tradisi lain juga disebutkan, ketika persetujuan saat ini (pemberian doa) adalah adlh 1/3 terakhir satu malam. "Teman Abu Muslim dari Abu Dzar bertanya:" Di mana saat yang lebih penting yang kita lakukan malam doa? "

Pendamping Abu Dzar berkata: "Saya telah meminta Nabi seperti yang Anda bertanya kepada saya ini." Nabi berkata :? "Malam Perut yang masih hidup adlh 1/3 balasan. Saygnya beberapa orang akhir yang melaksanakannya," (Ahmad).

Mengakhiri tulisan ini, itu menyaygkan ketika kita menghabiskan waktu hanya malam Untuk melihat kesenangan dunia.

Ada baiknya kita membantu mengisi doa malam seperti saham di dunia dan akhirat, serta persiapan untuk bulan suci Ramadhan yang akan segera tiba.

(Sumber: republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/12/06/15/m5me40-keutamaan-shalat-tahajud)

No comments:

Post a Comment

Kumpulan ceramah ustadz Abdul Somad Lc Ma

Berikut video ceramah ustadz Abdul Somad Lc Ma Semoga menjadi motivasi dan bermanfaat  Hukum membaca Al-Qur'an digital di hp tanpa berwu...