Subscribe di sini

Monday, 1 February 2016

HIDUP KEKAL DAN PERBUATAN BAIK


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Allah ingin dikenal, dihormati lewat seluruh kondisi dunia sebab Dia ingin menyatakan kehebatan-Nya supaya bangsa lain dapat mengenal Tuhan. Itu sebabnya dalam hal ini, Dia menyatakan kehebatan dan kekuatan Tangan-Nya dengan tujuan supaya bangsa lain dapat mengenal Dia. Demikian juga Dia menghendaki agar kita mengenal Pribadi-Nya lebih dekat dan lebih intensif melalui Firman Allah sehingga kita dapat semakin mengasihi dan merindukan Dia. Jika kita mengenal Allah harus dibuktikan dalam setiap perbuatan kita, jangan dikatakan ‘mengenal Allah’ tetapi tidak menghormati-Nya, akibatnya menyalibkan Tuhan untuk kedua kalinya.Setiap orang yang mengenal Pribadi Allah dengan benar, pasti akan menghargai dan meninggikan Korban Kristus lewat praktek hidupnya serta tidak memuja atau menyembah kepada illah lain Kita ambil contoh dari Abraham yang adalah "sahabat Allah" oleh penundukan diri serta ketaatannya kepada Allah, anda juga dapat mengenal Allah serta mengalami pengasihan, damai sejahtera, dan berkatNya. Mengenal Allah dengan sungguh-sungguh menundukkan diri kepadaNya adalah pengalaman yang paling penting dalam hidup kita.
Betapa indahnya bahwa Allah menyatakan diriNya kepada orang-orang yang mencariNya dengan segenap hati. Bilamana kita berpaling dari pada jalan yang sesat dan sungguh-sungguh menundukkan diri kepadaNya, RohNya akan tinggal di dalam anda. Tidak ada sesuatupun yang dapat memisahkan anda dari kasihNya selagi kita mempencayai janji janjiNya dan mengikutiNya dengan ketaatan. Anda akan menemukan bahwa la menebus anda dengan harga mahal, dan Allah akan menginginkan persekutuan dengan kita.

B. Pokok Pokok Pikiran
1.      Perbuatan Baik Sebagai Bukti Keselamatan
2.      Perbuatan Baik: Ajaran Paulus Versus Yakobus
3.      Orang Kristen Sebagai Terang Dunia
4.      Aplikasi Perbuatan Baik
BAB II
PEMBAHASAN


A. Hidup kekal dan Perbuatan Baik
Perbuatan baik merupakan suatu tindakan yang diharapkan setiap orang. Karena tindakan ini sangat menyentuh hati banyak orang, maka tidak mengherankan jika perbuatan baik dijadikan kelompok tertentu sebagai alat untuk memperoleh hidup kekal. Namun Alkitab tidak sependapat dengan keyakinan sepert ini. Alkitab tidak membenarkan dan mengajarkan pekerjaan baik sebagai sarana untuk memperoleh hidup kekal.[1]
Pernyataan bahwa “hidup kekal itu sepenuhnya anugerah Allah” tidak serta merta diterima para teolog. Ada kelompok Kristen yang mempercayai bahwa ada partisipasi manusia dalam memperoleh hidup kekal, dan tanpa partisipasi itu niscaya manusia memperoleh hidup kekal. Pandangan ini pertama kali digagas oleh Arminius yang kemudian Lima Pokok Armenianisme dituliskan sebagai rangkuman ajarannya. Dalam rangkuman itu diuraikan bahwa karena manusia memiliki partisipasi dalam memperoleh keselamatan, oleh karena itu keselamatan juga bergantung pada tiap-tiap orang untuk memeliharanya. Dengan kata lain jika seseorang itu lalai, tidak setia dan taat, maka keselamatan itu bisa hilang. Ajaran ini menitik beratkan tanggungjawab manusia.[2]
Di pihak lain ada kelompok yang sepenuhnya mempercayai apa yang Paulus katakan bahwa hidup kekal itu murni anugerah Allah melalui iman yang diberikan kepada manusia. Manusia merupakan penerima anugerah itu dan ia tidak memiliki setitik partisipasi pun untuk mendapatkannya. Kelompok yang mempercayai ajaran ini kemudian merangkum ajarannya sebagai respon pada lima pokok Arminianisme yang dinamakan sebagai Lima Pokok Kalvinisme. Sebenarnya Yahanes Kalvin bukanlah orang yang menggagas rangkuman ajaran ini. Yohanes Kalvin mencatat banyak pokok penjelasan firman Allah tersebar dalam tulisannya, tetapi pengikut ajaran Kalvinisme merangkum tulisannya dan memberi judul Lima Pokok Kalvinisme. Kedua pandangan ini telah tersebar dan dianut berbagai gereja di seluruh dunia, baik di kalangan Reformed dan Dispensasional dan ajaran ini telah mewarnai penjelasan firman Allah yang diberitakan di setiap gereja.[3]
B. Perbuatan baik sebagai
Setelah membaca penjelasan diatas, mungkin timbul suatu pertanyaan, jika keselamatan itu murni karya Allah, apakah peran dari perbuatan baik dalam kehidupan orang Kristen? Kenapa orang Kristen diperintahkan untuk melakukan perbuatan baik? Jawaban yang benar terhadap pertanyaan ini akan memberikan fondasi penting dalam perjalanan kehidupan seorang Kristen. Namun sebaliknya, jika jawaban itu keliru, akan membawa kehancuran pada perjalanan kerohaniannya.[4]
Banyak orang berpikir bahwa manusia itu pada dasarnya dilahirkan baik, dan ia menjadi jahat akibat lingkungan yang telah mempengaruhinya. Benarkah pernyataan ini? Untuk mematahkan argumentasi ini, mari perhatikan apa yang terjadi pada keluarga Adam dan Hawa yang merupakan keluarga pertama di dunia ini. Mereka memiliki anak laki-laki yang bernama Habel dan Kain.Jika memang lingkungan yang mempengaruhi seseorang berbuat dosa, bisa dikatakan keluarga ini tidak memilki lingkungan dimana mereka bisa melihat kejahatan dan keboboran orang lain yang berakibat buruk pada mereka. Namun yang pasti tabiat berdosa seperti rasa cemburu dan dengki yang merupakan sifat alami atau tabiat yang diakibatkan kejatuhan Adam dan Hawa telah diturunkan kepada anak-anak mereka. Akitabnya, pembunuhan pertama yang sangat tragis terjadi pada keluarga Adam dan Hawa dimana Kain membunuh adiknya sendiri, Habel, dan menguburnya sendiri. Dan ketika Allah mengkonfrontasi Kain tentang adiknya, ia bersikap seperti tidak terjadi apa-apa di antara mereka. Inilah bukti bahwa manusia telah memiliki sifat dan tabiat berdosa, dan kejahatan manusia bukanlah akibat lingkungan yang buruk dan jahat, karena Kain dan Habel hidup ketika masih belum ada lingkungan yang mempengaruhi mereka.[5]
Kejatuhan manusia ke dalam dosa menjadikan manusia tidak lagi mampu untuk melakukan perbuatan baik atau kebajikan sejati yang sesuai dengan standar Allah (Ini tidak berarti manusia tidak bisa berbuat baik kepada sesama manusia mampu melakukan itu, tetapi sebesar apapun pekerjaan baik yang diperbuat, tidak akan pernah menjadi kebajikan sejati yang bisa menyelamatkan diri mereka sendiri).[6]
Allah mengetahui bahwa manusia itu tidak akan mampu mengerjakan perintah Allah dengan sempurna sehingga Ia menjanjikan Mesias yang akan mati sebagai pengganti manusia untuk menebus mereka dari dosa.Kristus adalah Mesias yang dijanjikan Allah.[7]
Dialah yang mampu mengerjakan semua tuntutan perintah Allah agar manusia itu bisa diselamatkan dan memperoleh hidup kekal. Dan inilah yang Paulus katakan sebagai anugerah Allah kepada manusia melalui iman dalam Yesus Kristus. Mereka yang telah percaya pada Kristus sadar bahwa bukan karena usaha keras dan perbuatan baik sehingga mereka memperoleh hidup kekal tetapi karena Allah mengasihi dan menganugerahkan keselamtan itu kepada mereka. Setiap orang percaya harus berkomitmen dan berdedikasi untuk itu. Semakin dewasa kerohanian seseorang akan semakin tinggi dedikasinya untuk melakukan perbuatan baik. Pekerjaan baik sedemikian merupakan suatu aplikasi ketaatan seseorang pada apa yang diterima dan dipelajari dari firman Allah. Dengan sadar, sesulit apapun perintah Allah ia harus belajar menaatinya sesempurna mungkin, dan Roh Kudus akan memampukannya untuk terus menaati firman Allah. Ini merupakan buah pembaharuan dalam diri seorang percaya. Seperti Paulus berkata, “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah cipataan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang”.[8]
Jika sebelumnya tidak pernah berkeinginan untuk melakukan perbuatan baik, maka ia berubah dan berdedikasi untuk itu. Pengalaman seperti ini pasti dirasakan setiap orang percaya. Seorang yang tadinya jahat berubah menjadi pelaku kebaikan, tadinya pemarah berubah menjadi lemah lembut, tadinya kejam berubah menjadi penuh kasih, tadinya tidak memperdulikan orang lain berubah menjadi penuh perhatian dan pendoa yang luar biasa bagi orang lain. Semua ini merupakan pembaharuan dalam diri orang percaya.[9]



C. Perbuatan baik ajaran paulus versus yakobus
Sekelompok orang beranggapan bahwa tulisan Paulus yang menekankan keselamatan merupakan anugrah Allah oleh iman, bertentangan dengan tulisan Yakobus yang menekankan perbuatan baik. Salah seorang tokoh reformasi, Martin Luther memiliki anggapan seperti ini. Seperti diketahui, sebelumnya ia merupakan seorang penganut ajaran katolik Roma yang gigih dan setia. Ketika ia percaya pada Yesus, ia ingin meninggalkan kebiasaan dan pengertian yang dianut sebelumnya. Sebagai akibatnya ia melihat ada suatu kontradiksi antara tulisan Paulus dan Yakobus.[10]
Jika memang demikian maka sangat jelas bahwa apa yang Paulus tegaskan dalam tulisannya tidak bertentangan dengan apa yang dituliskan Yakobus. Baik Paulus dan Yakobus sama-sama menekankan bahwa perbuatan baik itu merupakan bukti seseorang telah memiliki iman. Seorang Kristen tidak bisa berkata, “yang penting saya memiliki iman kepada Yesus dan itu sudah cukup, dan saya tidak memperdulikan hal perbuatan baik.[11]
Maka Yakobus akan meresponi, jika memang demikian sebenarnya engkau tidak memiliki iman sama sekali atau engkau masih seorang yang belum percaya. Apa yang diutarakan Paulus dan Yakobus tidak mungkin bertentangan karena mereka menulis dibawah pimpinan Roh Kudus yang tidak mungkin melakukan kesalahan dan kekeliruan.Paulus menginginkan orang-orang Kristen mengerti bahwa imanlah yang menyelamatkan, sementara Yakobus menekankan bahwa orang-orang Kristen harus mengaplikasikan iman itu dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan perbuatan baik.[12]
D. Orang kristen sebagai terang dunia
Ketika umat Kristen telah mengetahui dengan benar bahwa keselamatan itu bukan hasil usaha atau perbuatan mereka, maka umat Kristen harus menyadari juga bahwa Allah yang sama memberikan perintah agar mereka juga melakukan perbuatan baik. Semakin dewasa iman dan kerohanian seseorang maka semakin mudah bagi mereka untuk melakukan perbuatan baik bagi sesama jemaat maupun di luar jemaat. [13]
Seperti Paulus berkata, “Janganlah kita jemu-jemu berbuat baik, karena apabila sudah datang waktunya, kita akan menuai, jika kita tidak menjadi lemah. Karena itu, selama masih ada kesempatan bagi kita, marilah kita berbuat baik kepada semua orang, tetapi terutama kepada kawan-kawan kita seiman[14]

BEBERAPA CONTOH DALAM ALKITAB
Alkitab mencatat banyak contoh tentang mereka yang melakukan perbuatan baik sebagai bukti iman dan keselamatan yang mereka miliki. Berikut ini ada tiga contoh yang bisa dipertimbangkan.[15]
(1) Dorkas.
“Di Yope ada seorang murid perempuan bernama Tabita – dalam bahasa Yunani Dorkas. Perempuan itu banyak sekali berbuat baik dan memberi sedekah. Di masa itu, para janda merupakan kelompok orang-orang lemah dan kurang diperdulikan. Kematian suami seorang janda telah mengubah statusnya dan menjadi kurang diharga dan diterima masyarakat. Dorkas melakukan perbuatan baik kepada para janda dimana ia membuatkan baju dan pakaian bagi mereka dan perbuatan ini baru diketahui orang banyak ketika ia meninggal dunia.[16]

(2) Febe.
“Aku meminta perhatianmu terhadap Febe, saudari kita yang melayani jemaat di Kengkrea, supaya kamu menyambut dia dalam Tuhan, sebagaimana seharusnya bagi orang-orang kudus, dan berikanlah kepadanya bantuan bila diperlukannya. Sebab ia sendiri telah memberikan bantuan kepada banyak orang, juga kepadaku sendiri”.Para komentator mempercayai Febe sebagai seorang diakenes yang melayani Tuhan. Meskipun seorang wanita, namun ia dapat dipercaya. Banyak penafsir Alkitab mempercayai Febe adalah orang yang membawa surat Paulus kepada jemaat Roma. Febe menginginkan orang Roma memiliki kebenaran Firman Allah dan ia melakukan perjalanan yang begitu jauh Kengkrea menuju Roma.[17]

(3) Epafras.
“Salam dari Epafras kepada kamu; ia seorang dari antaramu, hamba Kristus Yesus, yang selalu bergumul dalam doanya untuk kamu, supaya kamu berdiri teguh, sebagai orang-orang yang dewasa dan yang berkeyakinan penuh dengan segala hal yang dikehendaki Allah. . . . , bahwa ia sangat bersusah payah untuk kamu dan untuk mereka yang di Laodikia dan Hierapolis”.Epafras adalah seorang pelayan yang memperdulikan pertumbuhan kerohanian orang lain. Dia mau bergumul dalam doa untuk orang lain. Ia seorang jemaat yang terbeban untuk pelayanan dan merindukan pertumbuhan iman umat Tuhan. Dia mau bersusah payah bagi orang lain yaitu jemaat Laodikia dan Hierapolis.[18]
E. Aplikasi perbuatan baik
Semua orang Kristen sama seperti Dorkas, Febe atau Epafras, mereka diselamatkan oleh karena iman percaya mereka pada Yesus. Mereka adalah manusia biasa, namun berbeda dalam demonstrasi bukti iman mereka dengan melakukan pekerjaan baik bagi orang lain. Perbedaan mereka dengan banyak orang yang menamakan diri sebagai orang Kristen adalah bahwa mereka mau bersusah payah bagi orang lain, sementara banyak orang Kristen tidak pernah mau menunjukkan bukti keselamatannya, bahkan sebaliknya, banyak orang mengeluh terhadap prilaku dan perbuatan mereka, baik dilingkungan gereja dan masyarakat. Coba pikirkan, setelah bertahun-tahun menjadi pengikut Kristus, pekerjaan baik apa yang telah kamu lakukan dalam lingkungan gereja? Jika jujur pada diri sendiri, justru orang Kristen sering membuat orang Kristen lainnya tersandung dan meninggalkan persekutuan Kristen. Yang sepatutnya harus menjadi teladan dan motivator bagi orang lain, malah menjadi sumber masalah dalam lingkungan gereja dan kekristenan.[19]
Terkadang ada orang Kristen bertanya dalam hatinya, perbuatan baik apa yang harus diperbuatnya bagi anggota jemaat atau orang lain. Sering orang Kristen mencoba memikirkan hal-hal yang besar, namun hal-hal kecil sekalipun tidak diperdulikan. Lihat disekitar kamu sendiri, jika kamu seorang pimpinan, apakah kamu perduli dengan bawahan kamu sendiri? Apa kamu memiliki komunikasi dengan mereka demi terciptanya suatu komunitas yang sehat dan harmonis sebagai umat Tuhan? Apakah kamu sudah menjadi seorang teladan dan motivator bagi mereka yang bekerja dengan kamu sebagai teman sekerja? Anehnya mereka yang gagal sebagai teladan dan motivator sering mengharapkan orang lain menjadi teladan dan motivator dan terus mengkritisi orang lain tanpa melihat dirinya sendiri dan kesalahan serta kegagalan yang telah diperbuatnya. Terkecuali merendahkan diri dihadapan Allah dan sadar akan segala kesalahan dan kegagalan diri sendiri, maka orang Kristen sedemikian tidak akan pernah berubah dan ia tidak akan bisa bersinar sebagai terang bagi orang-orang di sekitarnya.[20]

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Kita adalah manusia biasa yang tidak luput dari perbuatan dosa, baik itu dosa perbuatan maupun dosa pikiran yang sering kita lakukan. Sehingga, kita kadang-kadang menjadi jauh dan sangat jauh dari apa yang seharusnya tidak kita lakukan dimana kita sulit bertumbuh dalam pengenalan akan Allah. Oleh karena itu, mengenal akan kebesaran Allah yang telah mengasihi kita dan kita mau belajar akan firman Tuhan, maka apapun yang kita hadapi akan merasa ringan, teratasi dan lain sebagainya oleh karena adanya campur tangan dari ALLAH sebagai Bapa yang tidak pernah lupa akan anak-anak-Nya yang mau mengenal dan belajar untuk mrngasihi-Nya.







Daftar Pustaka
Elizabeth K. Nottingham. Agama Dan Masyarakat, jogjakarta. PT. Tiara Wacana: 1999.
Taufik Abdullah. Metodologi Penelitian Agama,jakarta. PT. Raja Grafindo offset: 2000.
Dewan Redaksi Kompak.kasih Allah Kepada Kita, jakarta. BPK GUNUNG MULIA: 1972.
Frithjof Schuon. Mencari Titik Temu Agama-Agama. jakarta. Pustaka Firdaus.
Ahmad Deeda. Penyaliban Yesus.Jogjakarta. Menara Kudus:2000.




[1] Ahmad Deeda. Penyaliban Yesus. (Jogjakarta. Menara Kudus:200). Hal. 24
[2] Ahmad Deedad. Penyaliban,,, Hal. 24
[3] Ibid, Hal. 25
[4]. Frithjof Schuon. Mencari Titik Temu Agama-Agama. (jakarta. Pustaka Firdaus:2003)58
[5] Frithjof Schuon. Mencari,,,Hal. 59
[6] Ibid, Hal. 59
[7] Ibid, Hal. 60
[8] Ibid, Hal. 62
[9] Ibid, Hal. 63
[10] Dewan Redaksi Kompak.kasih Allah Kepada Kita,( jakarta. BPK GUNUNG MULIA: 1972). Hal. 43
[11]  Dewan Redaksi Kompak.kasih,,,Hal. 44
[12] Ibid,Hal. 44
[13] Taufik Abdullah. Metodologi Penelitian Agama,(jakarta. PT. Raja Grafindo offset: 2000). Hal. 56
[14] Taufik Abdullah. Metodologi,,, Hal. 57
[15] Ibid, Hal. 87
[16] Ibid, Hal. 88
[17] Ibid, Hal 90
[18] Ibid, Hal. 92
[19] Elizabeth K. Nottingham. Agama Dan Masyarakat,( jogjakarta. PT. Tiara Wacana: 1999). Hal. 89
[20]  Elizabeth K. Nottingham. Agama,,,Hal. 90

No comments:

Post a Comment

Kumpulan ceramah ustadz Abdul Somad Lc Ma

Berikut video ceramah ustadz Abdul Somad Lc Ma Semoga menjadi motivasi dan bermanfaat  Hukum membaca Al-Qur'an digital di hp tanpa berwu...