Subscribe di sini

Monday 1 February 2016

Tanaman Bernilai Ekonomi


Khasiat dan manfaat buah sirsak

* Ambeien.
Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
* Sakit Kandung Air Seni.
Buah sirsak setengah masak, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
* Bayi Mencret.
Buah-sirsak yang sudah masak. Buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.

Khasiat mangga


  • Para ahli meyakini mangga adalah sumber karotenoid yang disebut beta crytoxanthin, yaitu bahan penumpas kanker yang baik.
  • Mangga juga kaya vitamin antioksidan seperti vitamin C dan E. Satu buah mangga mengandung tujuh gram serat yang dapat membantu sistem pencernaan. Sebagian besar serat larut dalam air dan dapat menjaga kolesterol agar tetap normal.
  • Mangga memiliki sifat kimia dan efek farmakologis tertentu, yaitu bersifat pengelat (astringent), peluruh urine, penyegar, penambah napsu makan, pencahar ringan, peluruh dahak dan antioksidan.
.



Khasiat strawberry
                                                        
1. Strawberry mampu menyusutkan kadar kolestrol.
2. Strawberry dapat membantu melumpuhkan kerja aktif kanker karena asam ellagic yang dikandungnya tersebut.
3. Strawberry dapat meredam gejala stroke.
4. Strawberry mengandung zat anti alergi dan anti radang.
5. Konsentrasi tujuh zat antioksidan yang ada pada strawberry lebih tinggi dibandingkan buah atau sayuran lain, sehingga strawberry merupakan buah yang efektif mencegah proses oksidasi pada tubuh (Oksidasi ialah hancurnya jaringan tubuh karena radikal bebas. Oksidasi juga bertanggung jawab pada proses penuaan).


Khasiat belimbing

  1. Sakit Gondongan
    Ambil setengah genggam daun belimbing wuluh dan tumbuk bersama dengan 3 bawang putih. Kompreskan pada bagian yang gondongan.
  2. Obat Batuk
    Di sini ada dua cara. Yang pertama, rebus daun, bunga, dan buah belimbing wuluh dalam jumlah yang sama dalam air yang mendidih selama setengah jam. Minum airnya. Sedang untuk cara kedua, ambil segenggam daun belimbing wuluh, segenggam bunganya, serta dua buah belimbing wuluh. Rebus dengan 2 gelas air bersama gula batu hingga airnya sisa setengah. Saring dan minum 2 kali sehari.
  3. Diabetes
    6 buah belimbing wuluh dilumatkan lalu direbus dengan segelas air hingga sisa separuhnya. Saring dan minum dua kali sehari.

Khasiat kiwi
  • Memiliki kandungan vitamin C yang sangat besar Kiwi mengandung 100 mg vitamin C dalam 100 gram beratnya. Sedangkan jeruk hanya memiliki kandungan vitamin C sebanyak 54 mg per 100 gram. Ini berarti kandungan vitamin C pada sebutir kiwi sama dengan 2 buah jeruk.
  • Kaya Antioksidan Kandungan polifenol, karotenoid dan enzim-enzim lain membentuk antioksidan yang akan menangkal radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Hasilnya tubuh lebih sehat dan dapat terhindar dari banyak penyakit.
  • Mengandung Lutein dan Beta Karoten Manfaat dari lutein dan beta karoten (vitamin A) adalah menjaga kesehatan mata. Maka dengan mengkonsumsi kiwi, fungsi penglihatan dapat terpelihara dengan baik.

Khasiat apel
1. Menurunkan kadar kolesterol
Apel dikenal mengandung fitokimia, zat antioksidan yang efektif melawan kolesterol jahat (LDL). Life Science tahun 1999 menulis, selain menurunkan kolesterol jahat, apel juga meningkatkan kolesterol baik (HDL). Kandungan pektin dan asam D-glucaric dalam apel berjasa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Mencegah kanker dan menyehatkan paru-paru
National Cancer Institute di AS melaporkan, zat flavonoid dalam apel terbukti dapat menurunkan risiko kanker paru-paru sampai 50 persen. Penelitian dari Cornell University di AS juga menemukan bahwa zat fitokimia dalam kulit apel menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43 persen.


Khasiat kacang panjang

antikanker, kanker payudara, leukemia, antibakteri, antivirus, antioksidan, gangguan
saluran kencing, peluruh kencing, batu ginjal, mencegah kelainan antibodi, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan DNA dan
RNA, meningkatkan fungsi sel darah merah, beri-beri, demam berdarah,
kurang darah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan
nafsu makan, dan sukar buang air besar.

Khasiat sayur sawi

Manfaat Sayur Sawi
  • Kandungan vitamin yang cukup tinggi sangat bagus untuk menunjang kesehatan tubuh. Vitamin paling tinggi yang ada di sayur sawi ini adalah vitamin K, di mana vitamin ini sangat berguna untuk pembekuan darah, sehingga luka akan cepat mengering.

    Untuk kandungan vitamin C-nya, beberapa ahli mengatakan bahwa kadarnya hampir sama seperti
    jeruk. Ini sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.
  • Kandungan kalsiumnya yang tinggi sangat bagus untuk pembentukan dan menjaga kualitas tulang, sehingga bisa menghambat tulang keropos atau osteoporosis.
  • Manfaat sayur sawi yang tak kalah penting adalah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab stroke atau penyakit jantung yang mematikan. Selain itu bisa untuk menurunkan kadar gula darah penyebab kencing manis.

Khasiat jagung

1. Melancarkan buang air kecil

Untuk melancarkan buang air kecil cukup kita rebus 50 gram rambut jagung yang sudah dicuci bersih dengan 1 liter air. minum air rebusan tersebut 2 - 3 kali sehari.

2. Mengobati diare

Tumbuk sampai halus tongkol jagung yang telah dicuci bersih tambahkan air 1 gelas. minum ramuan ini 2 - 3 kali.

3. Melancarkan ASI

Buah jagung juga dapat digunakan untuk melancarkan ASI. rebus buah jagung dan makan seperti biasanya. dan masih banyak manfaat yang lain dari bauh jagung

bunga jasmine
Manfaat tanaman bunga jasmine dapat mengurangi debu
Tanaman hias yang ditempatkan disebuah ruangan dapat meningkatkan kelembapan suhu disekitarnya sehingga dapat mengurangi debu. Kelembapan yang diberikan menyebabkan debu berkurang yang memungkinkan kita terhindar dari beberapa penyakit terkait pernapasan dan udara dingin.


Khasiat daun salam
Daun salam memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, kandungan yang vitamin dan mineral yang terdapat didalam daun salam dapat digunakan utuk mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan lain-lain. Cara menggunakan daun salam untuk mengatasi diare yaitu dengan meminum air rebusan daun salam yang dicampur dengan sedikit garam.

Khasiat daun insulin
tanaman insulin memiliki berbagai manfaat yang besar diantaranya adalah
1. Antioksidan
2. Obat Diabetes
3. Antimikroba Ginjal Serta Infeksi Pada Kandung Kemih
4. Mengobati Hati Serta Penguat Hati
5. Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah
6. Obat Liver
7. Obat Tenggorokan





Khasiat bunga kamboja

Manfaat bunga kamboja. Pada bagian batang bunaga kamboja mengandung getah yang mengandung getah dari bunga kamboja mengandung senyawa lupeol, amyrin, triterpenoid, kautscuk dan damar. Selain itu bunga kamboja juga mengandung minyak fenetilalkohol, farnesol, geraniol, sitronellol, linallol.
Manfaat dari getah bunga kamboja berkhasiat untuk meredakan rasa sakit karena bengkak dan dapat anda gunakan untuk mengatasi kulit pecah-pecah pada telapak kaki. Bunga kamboja mengandung senyawa glikosida yang bersifat racun. Sifat racun dari bunga inilah yang dapat mematikan kuman-kuman. Getah kamboja dengan dosis yang dapat digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti obat sakit gigi atau obat luka, Selain itu bunga kamboja juga bermanfaat bagi mereka yang menderita frambusia. Hati-hati dengan getah bunga kamboja, jangan sampai getah ini mengenai mata anda, karena dapat mengakibatkan kebutaan.

Khasiat bunga tulip
Selain manfaatnya sebagai tanaman hias dan perlambang cinta, bunga tulip ternyata mengandung banyak manfaat. Bunga tulip dapat digunakan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit meliputi kurang darah (anemia), memar, stagnasi darah, tekanan darah tinggi (hipertensi), kanker darah, dan darah rendah. Selain itu manfaat bunga tulip juga dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit punggung dan parasit dalam darah.


Khasiat kencur
Manfaat Kencur adalah satu jenis tanaman obat dan merupakan salah satu jenis tanaman dalam suku temu-temuan, dalam istilah latin ini disebut dengan Kaempferia galanga L adalah tanaman yang sering digunakan dalam pembuatan obat tradisional atau lebih sering disebut dengan jamu.

Khasiat kangkung
Semua sayuran berdaun hijau gelap yang dikemas dengan nutrisi, dan kangkung tidak terkecuali. Daun kangkung sangat bergizi, mengandung jumlah berlimpah vitamin dan mineral. Mereka adalah sumber yang sangat baik dari serat makanan, protein, kalsium, zat besi, vitamin A dan vitamin C








Khasiat kayu manis
Tanaman kayu manis tumbuh diberbagai tempat di indonesia. Kandungan zat yang terdapat pada kulit kayu manis antara lain minyak atsiri, zat penyamak, pati, kalsium oksalat, abu, dan lendir. Khasiat kulit kayu manis adalah untuk mengobati karminativa, penghangat lambung, dan sangat baik untuk menghentikan mencret-mencret.

Khasiat pule

Di Indonesia tanaman pule banyak sekali tumbuh, terutama di pulau jawa. Kandungan zat yang terdapat pada tanaman pule adalah ditamina, ditaina, akliternina, dan aklitanidina. Kulit cabang pule berkhasiat untuk obat anti malaria dan antipidetika dengan dosiss 0,25 – 0,50 gram.

No comments:

Post a Comment

Kumpulan ceramah ustadz Abdul Somad Lc Ma

Berikut video ceramah ustadz Abdul Somad Lc Ma Semoga menjadi motivasi dan bermanfaat  Hukum membaca Al-Qur'an digital di hp tanpa berwu...