Subscribe di sini

Saturday 6 September 2014

Pengertian Hadits Qudsi


HADITS QUDSY

1.      Pengertian Hadits Qudsy
Menurut bahasa, kata al-qudsy adalah nisbah, atau sesuatu yang dihubungkan, kepada al-quds, yang berarti “suci”. Dengan demikian, al-Hadits al-Qudsi berarti hadits yang dihubungkan kepada zat yang Quds, yang maha suci, yaitu Allah SWT.

Pengertian menurut istilah ilmu hadits adalah:

هوما نقل ﺇلينا عن النبي صلى الله عليه و سلم مع اسناده ﺇياه ﺇلى ربه عز وجل               Artinya:
“yaitu hadits yang diriwayatkan kepada kita dari nabi SAW. Yang disandarkan oleh beliau kepada Allah SWT.”

Definisi di atas menjelaskan bahwa hadits Qudsi itu adalah bersumber dari Rasul SAW, namun disandarkan beliau kepada Allah SWT. Akan tetapi, meskipun itu adalah perkataan atau firman Allah, hadits Qudsi bukanlah Al-Qor’an dan bahkan keduanya berbeda. Hadit Qudsy itu tidak banyak hanya berjumlah kurang lebih seratus hadits yang oleh sebagian ulama dihimpun dalam sebuah kitab[1].

2.      Perbedaan antara hadits Qudsi dengan Al-qur’an
Antara hadits Qudsi dengan Al-Qur’an terdapat beberapa perbedaan, yaitu:
·         Al-Qur’an lafaz dan maknanya berasal dari Allah SWT, sedangkan hadits Qudsy maknanya berasal dari Allah SWT semntara lafaznya barasal dari Rasulullah SAW.
·         Al-Qur’an hukum membacanya adalah ibadah, sedangkan membaca hadits Qudsi hukumnya bukanlah ibadah.
·         Periwayatan dan keberadaan Al-Qur’an disyaratkan harus mutawatir,sementara hadits Qudsi periwayatannya tidak disyaratkan  mutawatir.
·         Al-Qur’an adalah mukjizat dan terpelihara dari terjadinya perubahan dan pertukaran serta tidak boleh diriwayatkan secara makna. Hadits Qudsi bukanlah mukjizat dan lafat serta susunan kalimatnya bisa saja berubah, karena dimungkinkan untuk diriwayadkan secara makna.
·         Al-Qur’an dapat dibaca di dalam shalat, sementara hadits Qudsi tidak dapat dibaca ketika sedang melaksanakan shalat[2].
3.      perbedaan antara hadits Qudsi dan hadits Nabawi (hadits Nabi)
            Berdasarkan pengertian dan kriteria yang di miliki oleh hadits Qudsi, terdapat            perbedaan di antara hadits Qudsi dan hadits Nabi SAW, yaitu:
Bahwa hadits Qudsi, nisbah atau pengbangsaannya adalah kepada Allah SWT, dan Rasulullah SAW berfungsi sebagai yang menceritakan atau meriwayatkannya dari Allah SWT. Oleh karena itu, dihubungkanlah hadits tersebut dengan hadits Qudsi atau dengan hadits Ilahi. Hadits Qudsi biasanya diberi ciri-ciri dengan dibubuhi dengan kalimat-kalimat:
a.       Qala Allahu
b.      Fima yarwihi ‘anillahi Tabaraka wa Ta’ala
c.       Lafaz-lafaz lain yang semakna dengan apa yang tersebut di atas, setelah selesai menyebutkan rawi yang menjadi sumbernya, yaitu sahabat.
 
Sedangkan hadits Nabawi, nisbah atau pembangsaannya adalah kepada Nabi SAW dan sekaligus periwayatannya adalah berasal dari beliau.[3] Dan pada hadits Nabi SAW tidak ada ciri-ciri seperti di atas(hadits Qudsi).
4.      Contoh hadits Qudsi
ما رواه مسلم في صحيحه عن ﺃبي ﺫر رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم فيما روى عن الله تبارك وتعالى ﺃنه قال: ياعباديﺇبي حرمت الطلم على نفسي وجعلته بينكم محرمافلاتطالمون                 

Artinya:
Hadits yang diriwayatkan oleh muslim dalam kitab Shahihnya, dari Abi Dzar r.a., dari Nabi SAW menurut apa yang diriwayatkan beliau dari Allah SWT, bawasannya Dia berfirman, “Wahai hambaKu, sesungguhnya Aku mengharamkan kezaliman atas diriKu dan Aku jadikan kezaliman itu di antara kamu sebagai perbuatan yang haram, maka oleh karena itu janganlah kamu saling berbuat kezaliman”.























REFERENSI

Fatchur rahman, Drs, ikhtishar mushthalahu’l Hadits, cetakan pertama, PT. alma’arif, 1974

Nawir yuslem,DR,MA, PT.mutiara sumber widya



















[1] Ibnu taimiah mengumpulkan hadits-hadits qudsy dengan diberi nama Al-Kalimu’th-Thayyib;Dr. Ahmad As-Syarbashy menyusun kitab yang berisikan hadits-hadits qudsy yang diberi nama “adabu’l-Ahaditsi’l-Qudsiyah, selesai cetakan pertama tahun 1969 M. di Kairo.
[2] Al-Thahhan, tafsir, h. 126; ‘Ajjajal-Khathib, ushul al-Hadits, h.29.
[3] ‘Ajjaj Al-Khathib, ushul al-hadits. h. 30

No comments:

Post a Comment

Kumpulan ceramah ustadz Abdul Somad Lc Ma

Berikut video ceramah ustadz Abdul Somad Lc Ma Semoga menjadi motivasi dan bermanfaat  Hukum membaca Al-Qur'an digital di hp tanpa berwu...